Perhutani Ajak LMDH Kembangkan Wisata di Purwakarta

PURWAKARTA, PERHUTANI (25/5/2018) |Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Purwakarta menandatangani perjanjian kerjasama dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Jaya Lestari dan LMDH Rimba Jaya dalam rangka pemanfaatan kawasan hutan sebagai wana wisata di Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Sadang Purwakarta pada Kamis (24/5).

Administratur Perhutani KPH Purwakarta, Agus Mashudi menjelaskan penandatanganan kerjasama pengelolaan wana wisata bersama LMDH dan mitra lainnya dalam rangka menciptakan peluang usaha sekaligus pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar hutan yang tergabung di dalam LMDH. Dengan adanya kerjasama pengelolaan wisata ini fungsi dan manfaat hutan tetap terjaga dan lestari serta dapat meningkatkan pendapatan Perhutani dan masyarakat sekitar hutan.

“Dengan adanya lokasi wisata yang tidak jauh dari kota Purwakarta diharapkan dapat memunculkan sumber perekonomian baru serta menjadi wahana edukasi bagi masyarakat untuk lebih mencintai alam” ujar Agus.

Rencana petak hutan yang dikerjasamakan akan dikembangkan dengan konsep wisata alam yang menyajikan keindahan hutan, area wisata keluarga, outbond, camping ground dan masih banyak lagi. Kerjasama ini juga mendapat dukungan penuh dari pemerintah dan stakeholder yang ada di Kabupaten Purwakarta. (Kom-PHT/Pwk/Syd).

 

Editor: Ywn

Copyright©2018