Perhutani Kucurkan Dana PKBL Rp 75 Juta Apresiasi Pokmas Peduli Lingkungan

SURABAYA, PERHUTANI (29/5/2018) | Kepala Perum Perhutani Divisi Regional (Divre) Jawa Timur, Sangudi Muhamad serahkan Dana Program Kemitraan & Bina Lingkungan (PKBL) sebesar Rp 75 juta kepada Ketua Kelompok Masyarakat “(Pokmas) Bangkit Berseri” dari Desa Larangan Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo,  Hasan Amrullah atas keberhasilannya menjadi juara I lomba Desa Inovasi Peduli Lingkungan Tingkat Kabupaten Sidoarjo, Senin (28/05) di Graha Perhutani Surabaya.

Sangudi menyampaikan Perhutani memberi apresiasi tersebut atas langkah Pokmas Bangkit Berseri dalam mengelola sampah dengan baik dan menjadikan lingkungannya bersih, asri dan nyaman.

“Ide, program dan gagasan warga di lingkungan Desa Larangan bisa menginspirasi warga lain dalam pengelolaan sampan dan bisa transfer knowledge agar lingkungan lainnya juga semakin bersih,” pungkasnya.

Hasan mengungkapkan bahwa warga tempat tinggalnya menganggap membakar sampah adalah hal yang tidak boleh dilakukan, semangat ini yang melatarbelakangi Pokmas Bangkit Bersih untuk mengelola sampah dengan memisahkan sampah basah dan kering. Sampah basah diolah menjadi pupuk organik, sedangkan sampah kering didistribusikan ke pabrik untuk proses daur ulang. Dari kegiatan tersebut, masyarakat dapat mengumpulkan tambahan penghasilan. Terlebih, desanya menjadi lingkungan rujukan bagi tempat wilayah lain.

“Terima kasih kepada Perhutani, dana yang dikucurkan kepada kelompok kami akan dimanfaatkan secara amanah untuk lingkungan sekitar,” tambahnya.  (Kom-PHT/DivreJatim/Pa)

Editor: Ywn

Copyright©2018