38 Siswa Jawa Tengah Siap Mengenal Kalimantan Barat

JAKARTA, PERHUTANI (27/7/2018) | Sebanyak 35 siswa perwakilan Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah lolos seleksi peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2018 provinsi Jawa Tengah yang diadakan selama 2 (dua) hari 26 – 27 Juli 2018 bertempat di Hotel All Stay, Semarang. Seluruh peserta ditambah 3 (tiga) siswa berkebutuhan khusus akan dikirim ke Kalimantan Barat pada Agustus mendatang.

Pelaksanaan program SMN di Jawa Tengah adalah sinergi BUMN antara Perum Perhutani, PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) dan PT Kawasan Industri Wijayakusuma (persero). BUMN bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah dalam proses seleksi peserta.

Sekretaris Perusahaan Perum Perhutani Agus Dwi Nurjanto menjelaskan selain mengirimkan peserta, sebaliknya BUMN yang bersinergi juga menerima peserta dari Kalimantan Barat.

“Kita juga akan mengenalkan Jawa Tengah mulai dari pendidikan, kebudayaan, wisata dan sebagainya. Para peserta juga akan mengunjungi BUMN di Jawa Tengah, termasuk wilayah kerja Perhutani untuk lebih mengenal peran BUMN bagi kehidupan masyarakat”

SMN merupakan program pertukaran pelajar yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN dan difasilitasi oleh BUMN di 34 provinsi seluruh Indonesia. Bertujuan menanamkan kebanggaan sebagai bangsa yang memiliki keragaman kekayaan nusantara, melalui proses pertukaran informasi dan kebudayaan.

Salah satu peserta SMN Jawa Tengah asal Salatiga, Amanda mengaku senang terpilih menjadi peserta dan bersemangat menuju Kalimantan Barat, terlebih provinsi tersebut dilalui garis khatulistiwa dan hutannya luas.

“Selain budaya Jawa Tengah, saya juga ingin mengenalkan drumblek ikon unik Salatiga, yaitu kesenian musik menggunakan barang-barang bekas”, lengkapnya.

Editor: Ywn

Copyright©2018