Mahasiswa Korea Kunjungi Hutan Perhutani Purwakarta

PURWAKARTA, PERHUTANI (13/7/2018)| Mahasiswa program internship Kyungpook National University Korea bersama pendamping dari Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan kunjungan ke kawasan hutan yang dikelola Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Purwakarta pada Kamis (12/7).

Kunjungan dilakukan ke Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Cibungur/Campaka, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Sadang dalam rangka mempelajari pengelolaan hutan jati dan implementasi program pengelolaan hutan bersama masyarakat (PHBM). Program PHBM merupakan ikon Perhutani untuk memberdayakan masyarakat sekitar hutan lewat kerjasama  Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menjaga kelestarian hutan.

Pada kegiatan ini para mahasiswa diajak melihat lokasi yang ditanami tanaman Jati Plus Perhutani (JPP) dan merupakan lokasi tanaman kerjasama Perhutani dengan Korea Indonesia Forestry Corporation (KIFC). Setelah itu kunjungan dilanjutkan ke lokasi PHBM yang menerapkan sistem pemanfaatan lahan di bawah tegakan berupa tumpangsari tanaman jati dengan tanaman hortikultura seperti cabai dan terong. Mahasiswa juga diperkenalkan lokasi persemaian stek pucuk JPP.

Di tempat terpisah, administratur KPH Purwakarta Agus Mashudi menyampaikan, kegiatan kunjungan mahasiswa Kyungpook National University  Korea ini diharapkan dapat memperkenalkan kegiatan pengelolaan hutan secara lestari Perhutani yang turut melibatkan masyarakat desa hutan. (Kom-PHT/Pwk/Syd)

Editor: Ywn

Copyright©2018