Perhutani dan BPHHPKK Adakan Bintek Penguatan Kelembagaan LMDH di Surakarta

SURAKARTA, PERHUTANI (11/07/2018) |Dalam rangka mendukung dan memantapkan eksistensi Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Surakarta bersama Balai Pemanfaatan Hasil Hutan dan Peningkatan Kapasitas Kelembagaan (BPHHPKK) wilayah I Semarang dan Balai Pengelolaan Hutan Wilayah IX, mengadakan acara pembinaan teknis (Bintek) penguatan kelembagaan LMDH di Aula kantor KPH Surakarta pada Selasa (10/07).

Turut hadir dalam acara tersebut perwakilan dari Dinas Koperasi dan UMKM Kota Surakarta serta pengurus LMDH sewilayah Surakarta dan Telawa. Dalam acara tersebut disampaikan beberapa materi diantaranya peran LMDH dalam mendukung terwujudnya hutan lestari masyarakat sejahtera, koperasi sebagai wadah dalam upaya peningkatan perekonomian masyarakat desa hutan serta berbagi pengalaman dalam mewujudkan LMDH yang produktif dan mandiri.

Administratur KPH Surakarta, Eka M Ruskanda menjelaskan keberadaan Perhutani tidak bisa lepas dari kerjasama dengan masyarakat. “LMDH harus bisa mandiri dalam artian mempunyai usaha sendiri untuk hidup, dari sekitar tiga ribu LMDH baru 20% yang dianggap mandiri sehingga perlu adanya dorongan dari berbagai sektor dalam mewujudkan LMDH mandiri”, ujar Eka.(Kom-PHT/Ska/Ipk)

Editor: Ywn

Copyright©2018