Perhutani Adakan Simulasi Pemadaman di Ciamis

CIAMIS, PERHUTANI, (27/7/2018) | Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Ciamis gelar simulasi terpadu antisipasi kebakaran hutan. Kegiatan ini dilaksanakan di petak 50d Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Gadung, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Banjar Utara. Kegiatan ini melibatkan Polresta Banjar, Badan Penanggulangan Bencana Kota Banjar, Batalyon Infanteri Raider  323/ Buaya Putih, Koramil Purwaharja, Masyarakat Desa Hutan, tokoh masyarakat dan stakeholder lainnya.

Administratur KPH Ciamis Mulyadi mengatakan simulasi ini dilaksanakan untuk melatih kesiapan agar semua pihak memiliki kemampuan dasar menanggulangi seandainya terjadi kebakaran hutan, mengingat saat ini memasuki musim kemarau maka semua pihak harus lebih waspada.

“Kami juga membentuk 120 Lembaga masyarakat Desa Hutan (LMDH) yang siap membantu mengantisipasi apabila terjadi kebakaran hutan”, lengkapnya.

Mulyadi menambahkan dalam menghadapi musim kemarau, patroli dan pengawasan diperketat, melakukan penyuluhan kepada masyarkat dalam rangka pencegahan kebakaran hutan dengan peringatan agar tidak sembarangan membakar sesuatu yang dapat menyebabkan api menyebar, membuang puntung rokok di lokasi yang rawan kebakaran, memastikan api telah mati setelah membakar sesuatu karena hal ini merupakan tanggung jawab bersama. (Kom-PHT Ciamis/Bun).

Editor: Ywn

Copyright©2018