Perhutani KPH Banyuwangi Barat Bangun Rumah Singgah Ibu Hamil Wilayah Hutan

TIMESBANYUWANGI.COM (14/08/2018) | Kaum ibu hamil di Dusun Krajan, Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu, Banyuwangi, Jawa Timur, bisa bernafas lega. Karena diwilayah setempat telah dibangun Rumah Singgah untuk ibu hamil beresiko tinggi (Bumil Resti).

Rumah Singgah didaerah pinggiran hutan yang diberi nama ‘Mitra Bersama’ tersebut diresmikan oleh Kapolres Banyuwangi, AKBP Donny Adityawarman, pada, Selasa (14/8/2018) tadi.

Disaksikan langsung oleh 4 instansi penggagas lainnya. Yakni LMDH Mitra Hutan Lestari, Dinas Kesehatan Banyuwangi dan Pemerintah Desa Jambewangi, serta Perhutani KPH Banyuwangi Barat, selaku pemangku wilayah LDTI Petak 60 B, RPH Sidomulyo, BKPH Kalisetail, tempat berdiri bangunan Rumah Singgah.

Singgah-Rumah-2.jpgBangunan Rumah Singgah ‘Mitra Bersama’ di Dusun Krajan, Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu, Banyuwangi.

“Kami sangat mengapresiasi ide cemerlang dari Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa Jambewangi, yang menjadi cikal bakal berdirinya Rumah Singgah ini,” kata Kapolres.

Waka Administratur Perhutani KPH Banyuwangi Barat, Bima Andrayuwana S Hut menyampaikan, keberadaan Rumah Singgah yang dilakukan secara kerjasama berada di kawasan tenurial tersebut diharapkan mampu meningkatkan jaminan kesehatan masyarakat setempat. Khususnya ibu hamil dengan resiko tinggi dan lansia dari kalangan masyarakat sekitar hutan yang kurang mampu.

“Dan ini semua bisa terwujud atas kerjasama seluruh pihak,” katanya.

Yang lebih membanggakan, masih Bima, pembangunan Rumah Singgah ini dilakukan secara gotong royong. Dengan kata lain, selain peningkatan jaminan kesehatan bagi ibu hamil beresiko tinggi dan lansia, keberadaan Rumah Singgah juga mampu menjadi perekat silaturahmi masyarakat sekitar hutan, dimana akses jarak menuju pelayanan kesehatan di puskesmas setempat cukup jauh.

“Saat masyarakat kompak, berbagai program pemerintah bagi warga sekitar hutan bisa diserap dengan lebih baik,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, dr Wiji Lestariono menjelaskan, dalam operasional kedepan, pihaknya akan menempatkan bidan desa di Rumah Singgah.

“Jadi, setiap ada kondisi darurat, petugas selalu siap melayani,” tegasnya.

Peresmian Rumah Singgah ‘Mitra Bersama’ di Dusun Krajan, Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu, ini dihadiri jajaran IDI Banyuwangi, Jajaran IBI Banyuwangi, Forpimka serta perangkat desa setempat. Sedang dari jajaran Perhutani KPH Banyuwangi Barat diantaranya, Pabin, KSS Kompetisi, Polhutmob dan jajaran BKPH Kalisetail.

 

Sumber : timesbanyuwangi.com

Tanggal : 14 Agustus 2018