7 Wisata Keren yang Tersembunyi di Tuban, Bak Menemukan Harta Karun

IDNTIMES.COM (15/10/2018) | Kabupaten Tuban merupakan wilayah di Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Rembang, Jawa Tengah. Meski Tuban lebih dikenal sebagai wilayah industri, tetapi kabupaten ini juga memiliki berbagai destinasi wisata indah dan memanjakan mata. Contohnya 7 tempat wisata di bawah ini.

1. Kampung Warna Tuban

Gak cuma Kota Malang saja, Tuban juga punya kampung warna-warni yang terletak di Jalan Panglima Sudirman, Kelurahan Karangsari, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Dulunya, daerah yang dikenal sebagai Kingking ini tidak rapi dan dianggap kumuh.

Namun setelah dirombak habis, kini penampilannya menjadi cantik dan Instagramable banget. Walau pun terdiri dari gang sempit, tapi tidak mengurangi keindahan paduan warna dari tembok rumah-rumah warga.

2. Rumah Pohon TPK Jatirogo

Tempat ini bernama Discovery of Forest Perhutani KPH Kebonharjo. Warga Tuban lebih sering menyebutnya Rumah Pohon TPK Jatirogo. Sesuai julukannya, terdapat rumah pohon di kawasan hutan milik Perhutani ini. Lokasinya berada di Desa sadang, Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban.

Gak cuma rumah pohon, ada juga saung atau gubuk kecil yang diperuntukkan sebagai tempat singgah para pengunjung. Kamu juga bisa berkeliling lokasi dengan menaiki mobil ATV ditemani hawa sejuk khas hutan.

Bagi pecinta aktivitas luar ruangan, tersedia pula tempat panahan, flying fox, hingga outbond. Tarif yang diberlakukan tidaklah mahal, hanya perlu membayar retribusi parkir saja sebesar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Namun, kamu perlu membayar lagi jika ingin naik ke rumah pohon.

3. Bukit Trantang

Lokasi ini merupakan kawasan perbukitan kapur cadas yang berada di Desa Trantang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Yakni berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat kota. Bukit Trantang kini banyak dimanfaatkan sebagai tempat berlatih atlet paralayang dari Tuban dan sekitarnya.

Aktivitas paralayang di area perbukitan milik Perhutani, KPH Tuban, tersebut memang masih dikhususkan bagi para atlet. Belum dijamah pemerintah kabupaten sebagai kegiatan wisata resmi.

Namun, kamu masih bisa naik ke sini untuk menikmati keindahan Kabupaten Tuban dari ketinggian 650 hingga 1.100 meter di atas permukaan laut. Hanya saja jalur menuju ke Bukit Trantang masih belum baik dan sangat terjal, sehingga kamu harus ekstra berhati-hati.

4. Kawasan Industri Batik Gedog

Kabupaten ini juga dikenal dengan hasil kerajinan batik Gedog, yakni batik dengan corak serta warna khas Tuban. Dinamakan batik Gedog karena suara “dagdog” yang ditimbulkan saat proses pemintalan kain dan mencap batik.

Kamu bisa menemukan para pembatik ini yang terpusat di Desa Jarorejo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, yang merupakan sentra batik Gedog. Para perajin memiliki usaha home industry dalam memproduksi serta memasarkan batik. Kalau kamu tertarik untuk datang dan mencoba membuat batik Gedog, mereka akan sangat terbuka dalam berbagi ilmu.

5. Goa Putri Asih

Tuban disebut juga Kota Seribu Goa, karena banyak goa indah yang bisa kamu temui di sini. Salah satunya adalah Goa Putri Asih yang terletak di Nguluhan, Montong, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Dari pusat kota, cuma perlu waktu tempuh sekitar 40 menit untuk ke sana. Begitu sampai, keinginan hunting foto ala travel blogger pasti langsung muncul akibat melihat eksotisnya stalagtit dan stalagmit di dalam goa. Goa Putri Asih beroperasi mulai dari pukul 08.00 hingga 16.00. Untuk masuk ke lokasi, kamu hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 3.000.

6. Air Terjun Nglirip

Air Terjun Nglirip merupakan satu-satunya obyek wisata air terjun di Tuban, yang terletak di Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban. Air terjun yang juga sering disebut Grojogan Nglirip ini memiliki warna air kehijauan dengan kolam seluas 28 meter persegi di bawahnya.

Kini, pengunjung gak cuma bisa bermain di kaki air terjun saja, tetapi juga bisa berswafoto dengan instalasi 3D yang ada di sana. Instagramable banget!

7. Pantai Cemara

Pantai Cemara terletak di Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, berjarak hanya sekitar 8 kilometer dari pusat kota. Tempat ini menjadi satu kawasan dengan penangkaran pohon bakau laut alias mangrove yang berada di lahan seuas 56 hektare.

Suasana yang tenang dan asri dari kumpulan mangrove beriringan dengan debur ombak dan pasir pantai yang lembut. Karena alasan itulah, Pantai Cemara jadi lokasi favorit untuk beach camp mau pun berkegiatan outdoor.

Jadi, kapan kita ke mana?

 

Sumber : idntimes.com

Tanggal : 15 Oktober 2018