Curug Putri Pandeglang, Air Terjun Unik Kembaran dengan Green Canyon

INEWS.ID (22/10/2018) | Pandeglang merupakan kabupaten yang memiliki panorama alam menakjubkan untuk dijelajahi. Tak hanya keindahan pantai yang dapat dilihat. Berada di sini, traveler juga dapat menikmati air terjun eksotis yang terasa sejuk dan segar.

Salah satu air terjun di Pandeglang, Banten yang dapat dikunjungi adalah Curug Putri. Air terjun yang memiliki keunikan dari tebing-tebing bebatuannya ini sangat mirip atau kembaran dengan Green Canyon di Pangandaran.

Curug Putri adalah air terjun yang memiliki kolam dan mengalir menjadi sungai. Sungai ini mengalir dalam celah antara apitan tebing batu yang tinggi. Ini yang membuat Curug Putri terlihat eksotis dan menjadi daya pikat bagi wisatawan yang datang berkunjung.

“Sudah tahu Cukang Taneuh atau Green Canyon di Pangandaran kan? Ternyata, kembarannya ada di Banten loh. Ya, namanya Curug Putri yang terletak di Kabupaten Pandeglang. Curug Putri bak surga yang tersembunyi. Meski lebih kecil, namun tak kalah eksotis dari Green Canyon. Karena saking miripnya, Curug Putri kerap juga disebut Little Green Canyon. Pandeglang rupanya tidak hanya menawarkan wisata laut di sekitaran Selat Sunda. Di sana ada hutan raya yang dikelola Perhutani dan Balai Taman Hutan Raya (Tahura) dan memiliki Air Terjun Curug Putri. Taman hutan raya sudah ada dari 2012, dan pembentukan balai pengelola baru diresmikan pada 2014. Dengan luas kira-kira 30 ribu hektare, hutan yang ada di Kecamatan Carita, Pandeglang ini rupanya memiliki objek alam yang indah. Ada tiga air terjun yaitu Curug Gendang, Cadas Ngampar dan Curug Putri yang bisa jadi tempat alternatif liburan selain pantai. Perjalanan ke tiga curug di Tahura sekitar 2 kilometer. Kamu akan melewati jalan setapak sembari menikmati pemandangan ciri khas hutan Pandeglang. Jika sedang beruntung, dari kejauhan akan terlihat beberapa monyet bergelantungan di atas pohon sebelum sampai ke Curug Gendeng atau Curug Putri,” tulis Instagram @BolangBanten dikutip Senin (22/10/2018).

Berada di sini, traveler dapat bermain air, berenang, dan lainnya. Pemandangan yang membedakan Curug putri dengan green Canyon Pangandaran adalah lebar sungainya. Di Curug Putri, sungainya relatif sempit dan tersembunyi di Pandeglang.

Belum banyak traveler yang tahu keberadaan tempat ini. Hal tersebut dikarenakan, objek wisatanya memiliki nama sama, yaitu Curug Putri di Kecamatan Pulosari dan di Carita. Curug yang mirip dengan Green Canyon ini berada di Carita atau di dalam Kawasan Taman Hutan Raya atau Tahura Kabupaten Pandeglang.

Di dalam kawasan ini terdapat tempat wisata lainnya, yaitu Curug Gendang. Berada di sini, jangan lewatkan membawa kamera untuk berswafoto. Bagi traveler yang tertarik untuk mengunjungi Curug Putri, Anda dapat pergi mengambil rute ke Pandeglang dari Kota Serang. Kemudian menuju Carita. Bagaiman, apakah Anda tertarik menjelajahi Curug Putri yang menjadi primadona Pandeglang, Banten?

Sumber : inews.id

Tanggal : 22 Oktober 2018