Menikmati Indahnya Air Terjun Srambang di Lereng Gunung Lawu

LAWU DS, PERHUTANI (18/10/2018) | Satu lagi destinasi wisata yang menarik di wilayah Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Lawu Ds yaitu Air Terjun Srambang yang dikenal juga dengan bukit berbunga. Wisata ini terletak di Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Manyul, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Lawu Utara, Desa Giri Mulya, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Wisata Srambang terletak di lereng Gunung Lawu sebelah utara tepatnya di petak 34a, 34 b, 36 h, 36d, 36 h, 36 f , 36 e dengan luas 11,5 hektar.

Air terjun Srambang memiliki ketinggian 25 meter dan terletak di tengah hutan pinus. Akses jalan masuk melewati jembatan dari bambu sepanjang 100 meter. Selain air terjun, di Srambang juga terdapat camping ground, dek selfi, wahana edukasi anak-anak serta cafetaria alam terbuka. Tiket masuk wisata cukup terjangkau hanya Rp 15.000/orang. Setiap hari selalu ada pengunjung yang berwisata bahkan mencapai 500 orang pada akhir pekan. Sebagian besar pengunjung berasal dari Ngawi, Solo, Madiun dan bahkan sesekali datang turis mancanegara.

Administratur KPH Lawu Ds, Asep Dedi Mulyadi, menyatakan bahwa dengan keeksotisan yang dimiliki Srambang bisa menjadi obyek wisata yang layak dikunjungi wisatawan lokal bahkan mancanegara.

“Saya yakin wisata Srambang bisa semakin ramai kedepannya, berbagai wahana permainan maupun edukasi akan dilengkapi sebagai upaya menarik wisatawan. Hal ini juga sesuai dengan pesan Kepala Divisi Ecotourism & Agroforestry Perhutani yang beberapa waktu lalu sempat berkunjung kesini dalam rangka persiapan audit Canopy (Standar Pengelolaan Wisata Perhutani),” ujarnya. (Kom-PHT/Lwu-Ds/Eko)

Editor: Ywn

Copyright©2018