Perhutani Fasilitasi LMDH Ciamis Studi Banding Budidaya Durian

CIAMIS, PERHUTANI (24/10/18) | Bertujuan mendukung perekonomian masyarakat sekitar hutan, Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Ciamis fasilitasi Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Bangun karya Kecamatan Langkaplancar Kabupaten Pangandaran kegiatan studi banding budidaya tanaman durian Bhineka Bawor di Desa Alasmalang Kecamatan Kemranjen Banyumas Jawa Tengah (23/10).

Administratur KPH Ciamis Agus mashudi mengatakan kegiatan studi banding  ini untuk meningkatkan wawasan serta keterampilan masyarakat khususnya yang ada di sekitar hutan, Mereka dapat melihat dan berkomunikasi langsung dengan petani Durian Bhineka Bawor mengenai  budidaya tanaman tersebut. Diharapkan nantinya mampu diaplkasikan dan membantu menyejahterakan masyarakat sekitar hutan.

“Konsep kedepannya hasil budidaya tanaman Durian Bhineka Bawor hasil stady banding ini di kembangkan di lokasi rest area Langkob kawasan hutan RPH Langkaplancar BKPH Cijulang,” jelasnya.

Ketua LMDH Bangun Karya Rusdi menyampaikan terima kasih pada Perhutani Ciamis yang telah memfasilitasi studi banding ini.

“Kami sangat tertarik dan tertantang untuk segera merealisasikan budidaya Durian Bhineka Bawor ini di kawasan hutan  rest area Lengkob yang kedepannya akan dijadikan lokasi agrowisata,” ujarnya.

Durian Bhineka Bawor sangat diminati, selain buahnya besar, durian ini memiliki rasa manis legit dan daging buah tebal serta bisa tahan hingga 7 hari setelah matang. Durian juga memiliki akar banyak sehingga tahan cuaca kering, pohonnya kokoh sehingga dapat menjadi penahan longsor banjir dan tahan terhadap angin kencang. durian juga tahan hama penyakit. (Kom-PHT Ciamis/Bun)

 

Editor: Ywn

Copyright©2018