Perhutani, LMDH Wonoasri, dan PT Sumber Rizky Tandatangani Kerjasama Wisata Rintisan

LAWU DS, PERHUTANI (30/10/2018) | Bertempat di Aula Kantor Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Lawu Ds, dilaksanakan penandatanganan kerjasama Wisata Rintisan “Oemah Djowo” antara Perhutani Lawu Ds dengan (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) LMDH Wonoasri dan PT Sumber Rizky, Senin (29/10).

Oemah Jowo merupakan wana wisata rintisan seluas 2 ha yang berlokasi di wilayah kerja Perhutani petak 76D-1, Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Sarangan, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Lawu Selatan. Konsep wisata Oemah Djowo meliputi resort, taman hidroponik, selfi deck, pemasaran produk unggulan LMDH, dan sarana edukasi anak-anak.

Penandatanganan kerjasama wisata rintisan Omah Djowo saat ini masih dalam proses uji coba selama 6 bulan sebelum nantinya ditetapkan sebagai wana wisata. Selama ini KPH Lawu Ds selalu menerapkan aturan uji coba untuk mengetahui peminat pengunjung dalam pemanfaatan lahan hutan sebagai obyek wisata.

Dalam bekerjasama dengan LMDH maupun stakeholder, Perhutani selalu berpedoman pada Pengelolan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM) dengan pola berbagi sehingga kepentingan bersama untuk mencapai keberlanjutan fungsi sumber daya hutan dapat diwujudkan secara optimal dan proporsional.

Administratur KPH Lawu Ds, Asep Dedi Mulyadi berpesan kepada pengelola untuk mengembangkan lokasi wisata ini dengan tidak menggunakan alat berat, mendirikan bangunan permanen dan mengubah bentang alam. Ia juga menghimbau agar dalam pelaksanaan pembangunan melibatkan  sumberdaya manusia dari masyarakat sekitar hutan yang tergabung dalam LMDH sekitar.

“Harapan kami setelah wisata ini dibuka, masyarakat sekitar hutan yang selama ini berdampingan dengan hutan Perhutani bisa meningkatkan perekonomiannya,” ungkapnya. (Kom-PHT/LwuDs/Eko)

 

Editor : Ywn

Copyright@2018