Ngopi Heula Meh Caang : Temu LMDH pengelola Kopi se-Jawa Barat dan Banten

BANDUNG, PERHUTANI (18/11/2018) | Bale Caang Cikole Lembang Bandung dijadikan tempat bertemunya Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) pengelola Kopi se-Jawa Barat dan Banten, pelaku bisnis kopi, instansi pemerintah dan asosiasi pengelola kopi dalam arena pameran Ngopi Heula Meh Caang dengan tema Kopi Hutan Priangan Selera Dunia, Sabtu (17/11).

Acara dihadiri lebih dari 800 pengunjung, menampilkan greenbean dengan kemasan menarik diikuti 50 booth LMDH. 3 booth caffee, booth asosiasi kopi dan booth dari Balai Layanan Umum Pusat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Acara diawali Talk Show bersama Host Edi Brokoli dengan pembicara Kepala Divisi Regional Jawa Barat dan Banten Andi Purwadi, Ketua Juragan Kopi Indonesia Saymsul Rial, Wakil Ketua Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI) Jabar Iyus Surpiatna, owner MoonSoon Caffee Dave Julian dan perwakilan LMDH Genteng KPH Sumedang Iding. Dilanjutkan Cupping Test (Uji cita rasa kopi) yang dipandu Juragan Kopi. Festival kopi Meh Caang dilengkapi dengan acara Temu Hulu Hilir Pelaku Kopi Hutan yang mempertemukan produsen dan konsumen kopi hutan. Andi Purwadi memaparkan Road Map Pengelolaan Kopi Perhutani Jawa Barat dan Banten tahun 2018-2022, serta menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah yang saat ini semakin mendukung pengembangan kopi.

Direktur Operasional Perum Perhutani Hari Priyanto menyatakan perbedaan kondisi topografi di Jawa Barat,  pengembangan bisnis selain biomasa dan wisata adalah agroforestri yaitu kopi yang akan dikelola dengan model bisnis kerjasama Perhutani dengan masyarakat/LMDH, Kerjasama Tripartit (Perhutani, Investor dan LMDH) yang sudah dituangkan dalam road map.

Dalam diskusi Talk Show Aceng salah satu anggota LMDH berharap pengelolaan kopi di Jawa Barat dan Banten dapat dilaksanakan satu pintu oleh Perhutani sehingga LMDH mendapat jaminan pengelolaan, standarisasi produk  dan pemasaran untuk memajukan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan.

Selain pameran Kegiatan Festival Kopi “Ngopi Heula Meh Caang”dimeriahkan pula Live Music Abdul & The Coffee Theory dan Two Triple-O, Virtual Games yang merupakan hasil kerjasama Perhutani dengan Super Adventure dan didukung oleh BRI, PT  Pertamina EP dan Juragan Kopi . (Kom-PHT/Divre Janten/AT).

 

Editor : Ywn

Copyright©2018