Sinergi Perhutani dan KODAM III Siliwangi Pulihkan Ekosistem Citarum

BANDUNG, PERHUTANI (28/11/2018) | Dalam rangka mengoptimalkan pemulihan ekosistem Citarum, Perhutani Divisi Regional Jawa Barat dan Banten bersama Komando Daerah Militer (KODAM) III Siliwangi tandatangani Memorandum of Understanding Kerjasama Kegiatan Pemulihan Ekosistem Citarum, Bandung pada Rabu (28/11).

Nota kesepahaman disusun meliputi kegiatan Rehabilitasi Hutan, Perlindungan Hutan dan Pemberdayaan Masyarakat, diantaranya penguatan, kelembagaan, penyuluhan dan alih komoditas.

Kepala Divisi Perum Perhutani Regional Jawa Barat dan Banten Andi Purwadi menyampaikan disamping bersinergi dalam kegiatan rehabilitasi hutan, juga dibuat rencana aksi agar  masyarakat bisa mandiri dengan menanam pohon buah-buahan dan tanaman kopi. Selain berfungsi ekonomis juga berfungsi konservasi. Dengan adanya tanaman kopi, juga akan dikembangkan lebah trigona yang tidak bersengat dan dapat membantu penyerbukan kopi yang bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas.

Panglima Kodam III Siliwangi Harto Karyawan menyatakan bahwa ketergantungan masyarakat hulu sungai Citarum terhadap kawasan hutan negara sangat tinggi, sehingga dalam proses pemulihan ekosistem Citarum harus melibatkan masyarakt dan diperlukan pola penanganan yang bertahap serta berbasis penyadaran dan pemberdayaan masyarakat.  (Kom-PHT/Divre Janten/AT).

Editor : Ywn

Copyright©2018