Komunitas Offroad Tanam Ribuan Bibit di Kawasan Perhutani

2018..12.4-Penanaman.2018BLITAR, PERHUTANI (6/12/2018) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Blitar bersama komunitas offroad Blitar yakni Proklamator Offroad Club (POC) Kota Blitar dan Jabalakat Offroad Kesamben melakukan penanaman bibit jati dan johar di kawasan hutan Perhutani KPH Blitar petak 54 f, Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Pelangi, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Kesamben seluas 10,1 Ha, Rabu (5/12).

Pada kesempatan yang sama komunitas offroad Xpare dari Kabupaten Malang juga melakukan kegiatan serupa dengan menanam bibit di lahan seluas 7 hektar serta mengangkut 5.840 plances bibit ke lokasi medan yang cukup sulit di wilayah Desa Arjosari, Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang yang berada di petak 67d, RPH Singkil, BKPH Sumberpucung, KPH Blitar.

Lebih dari 20 mobil offroad bersama Mobil Kijang Patroli dari Polhutmob Perhutani KPH Blitar berjalan beriringan sambil mengangkut bibit tanaman jati yang akan digunakan untuk kegiatan penanaman.

Administratur KPH Blitar Nanang Sugiharto menyampaikan bahwa kegiatan penanaman ini merupakan inisiatif komunitas sebagai bukti nyata kecintaan mereka terhadap alam. Disamping menghijaukan alam dengan penanaman, para peserta jadi memahami bagaimana teknik menanam yang benar di kawasan hutan. Diantaranya jarak menanam, cara menanam, dan bagaimana pentingnya program PHBM yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat sekitar hutan.

Ketua komunitas offroad POC, Slamet menyatakan bahwa kegiatan seperti ini di samping sebagai ajang silahturahmi sesama offroader sekaligus menggugah kepedulian seluruh anggota untuk mencintai alam.

“Semoga agenda penanaman ini bisa menjadi program rutin, sehingga kesan komunitas offroad yang sering dianggap bersenang-senang saja bisa menjadi lebih positif bagi masyarakat sekitar kawasan hutan.” pungkas Slamet. (Kom-PHT/Btr/RY).

Editor : Ywn

Copyright©2018