Puluhan Perempuan Anggota LMDH Ikuti Pelatihan Usaha di Bojonegoro

BOJONEGORO, PERHUTANI (28/12/2018) | Sebanyak 50 orang anggota perempuan usia produktif dari LMDH Tani Rimba Mulya Desa Sambong Rejo, Gondang Kabupaten Bojonegoro mendapat pelatihan pembuatan minuman olahan teh daun kelor di Balai Desa Sambong Rejo, Kamis (27/12).

Kegiatan tersebut terselenggara berkat kerjasama Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bojonegoro, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, dan UPT PH VI Dinas Kehutanan Provonsi Jawa Timur Wilayah Nganjuk.

Selain diajarkan cara mengolah daun kelor untuk teh kesehatan, peserta juga diajarkan bagaimana cara pembuatan aneka makanan seperti kripik dari pisang, singkong, ubi jalar, dan umbi-umbian lainnya serta pembuatan kerajinan dari kulit jagung untuk bunga hias.

Administratur Perhutani KPH Bojonegoro, Dewanto, mengapresisasi kegiatan peningkatan kapasitas anggota LMDH di wilayahnya. Ia berharap kerjasama dari berbagai pihak dalam pemberdayaan masyarakat desa hutan ini bisa menjadikan LMDH Tani Rimba Mulya sebagai lembaga yang  mandiri.

Narasumber kegiatan, Elsa yang merupakan pengusaha sukses di bidang olahan makanan keripik dari Kelompok Tani Mandiri Desa Bago Bojonegoro, mengajak para peserta untuk bekerja lebih keras karena ia yakin bahwa mereka memiliki potensi sumberdaya alam yang bisa dimanfaatkan dan sumberdaya manusia yang mumpuni untuk berwirausaha. (Kom-PHT/Bjn/Mkm)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019