Jaga Cadangan Air, Perhutani Fasilitasi Lintas Komunitas Tanami Gunung Ungaran

MAGELANG, PERHUTANI (21/02/2019) | Beberapa komunitas sosial dan pecinta alam di Jawa Tengah antara lain IOF Pengda Jateng, Trashbag Community, BAKOPPAK, SAKPALA, RESOPALA, Rumah Zakat , KSR dan PMI kembali melakukan kegiatan reboisasi “1001 Pendaki Tanam Pohon Ungaran #5”, Minggu (17/2).

Kegiatan yang di fasilitasi Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Utara tersebut  merupakan agenda rutin yang sebelumnya telah digelar 4 kali berturut-turut. Kegiatan tersebut merupakan komitmen segenap komunitas  sebagai  upaya nyata dalam kontribusi untuk penyelamatan lingkungan.

Komunitas yang didominasi oleh anak-anak muda tersebut memahami betul bahwa Gunung Ungaran merupakan daerah tangkapan air yang menjadi penopang kebutuhan air di beberapa wilayah di Jawa Tengah khususnya Kebupaten Semarang dan Kotamadya Semarang. Oleh karenanya, konservasi dan pelestarian lingkungan di kawasan Gunung Ungaran mutlak dilakukan guna menjaga cadangan kebutuhan air masyarakat.

Ketua panitia kegiatan, Feri Aulia menjelaskan bahwa kegiatan ini terselenggara atas kerja sama relawan lintas komunitas dan fasilitasi dari Perhutani KPH Kedu Utara. “Kegiatan yang bertema “Rayakan Bersama” ini  merupakan salah satu bentuk partisipasi anak muda dalam pembangunan nasional, khususnya bidang pelestarian lingkungan. Tidak hanya menanam, kami juga melakukan pemeliharaan tanaman di Gunung Ungaran”, jelasnya.

Sebanyak 1.000 bibit tanaman berhasil di tanam melalui kegiatan yang digawangi oleh anak-anak muda tersebut. Dalam sambutannya Wakil Administratur KPH Kedu Utara, Johni Andarhadi menyampaikan pesan Administratur KPH Kedu Utara, “Perhutani  berterimakasih atas partisipasi  dan kepedulian dari segenap  komunitas. Kelestarian lingkungan tidak  mungkin bisa kita dapatkan  tanpa berbagi peran dengan segenap komunitas”, jelasnya. (Kom-PHT/Kdu/Rsm)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019