Launching Wisata De Loano Bergaya Nomadic Tourism di Perhutani Kedu Selatan

PURWOREJO, PERHUTANI (15/2/2019) | Bertempat di kawasan hutan petak  99 RPH Loano BKPH Purworejo Direktur Utama Perum Perhutani, Denaldy M Mauna dan Direktur Badan Otoritas Borobudur (BOB), Indah Juanita mendampingi Menteri Pariwisata, Arief Yahya me-launching wisata Glamourus Camping atau Glamping De Loano pada Kamis (14/2).

Secara administratif lokasi Glamping De Loano berada di Desa Sedayu, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo. Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Purworejo, Bupati Kulonprogo, DPRD  dan instansi terkait serta Paguyuban Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH).

De Loano merupakan wisata  bergaya nomadic tourism  yang  menawarkan nuansa ber-camping dengan fasilitas hotel mewah dengan panorama hutan Pinus seluas 309 hektar , bisa ditempuh jalan kaki dengan maupun berkendara offroad. Tersedia  11 tenda eksklusif yang terdiri dari satu buah  mushola dan 10 tenda inap. Beberapa hotspot lain yang dapat dinikmati antara lain semi-outdoor restaurant, Tourism Information Center, semi-outdoor cinema, cozy seating spot, photospot, dan public toilet.

Pengelolaan lokasi wisata ini merupakan sinergi Perhutani dengan BOB serta melibatkan masyarakat setempat dengan mengenalkan budaya lokal diantaranya menampilan berbagai atraksi menarik. Sinergi ini ditandai dengan penandatangan prasasti di atas batu dari pegunungan ‘Menoreh’ oleh Menteri Pariwisata dan disaksikan Direktur Utama Perum Perhutani, Denaldy M Mauna, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo serta Direktur Badan Otoritas Borobudur (BOB), Indah Juanita alam.

Administratur Kedu Selatan, Yudha Suswardhanto  berharap pengembangan wisata ini dapat memberikan dampak positif bagi seluruh pihak.

“Pengembangan wisata ini  saya harapkan dapat berdampak positif bagi peningkatan penghasilan Kedu Selatan khususnya di bidang Jasa Lingkungan dan bagi  masyarakat  sekitar desa hutan  sehingga manfaat ekonomi bisa dirasakan bersama, ” ujarnya. (Kom-PHT/Kds/Ken)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019