Pelajar SDN Cepu 3 Belajar Pembibitan Jati di Puslitbang Perhutani

CEPU, PERHUTANI (22/02/2019) | Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Perhutani  Cepu menerima kunjungan pelajar SDN Cepu 3 pada Rabu (20/2). Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka pembelajaran dan mengenalkan siswa tentang cara-cara perbanyakan tanaman kehutanan.

Dalam kegiatan tersebut Kepala Kebun Benih Jati, Tris Wahyudi memberikan penjelasan kepada para siswa tentang pembuatan bibit Jati Plus Perhutani (JPP).”Pembuatan bibit JPP dari stek pucuk menggunakan teknik kultur jaringan. Bahan stek berasal dari  tunas  pucuk  dari tanaman yang khusus disediakan di  Kebun Pangkas. Proses pembuatan  stek pucuk mulai dari  bedeng induksi perakaran ke  bedeng aklimatisasi lanjut ke bedeng shading area dan bedeng open area membutuhkan waktu 4-5 bulan untuk menjadi bibit siap tanam”, jelas Tris.

Perwakilan Guru SDN  Cepu 3, Soekamto  menyampaikan terima kasih kepada Puslitbang Perhutani  atas penerimaan kunjungan tersebut. “Kami sangat berterima kasih kepada Puslitbang Perhutani yang telah menerima kunjungan siswa dengan baik. Saat ini SDN Cepu 3 sedang  mempersiapkan diri menjadi sekolah Adiwiyata sehingga sangat perlu  memperkenalkan siswa-siswanya berkunjung ke sini untuk mengenal Puslitbang Perhutani dan belajar cara budidaya tanaman dengan persemaian bibit stek pucuk”, imbuh Soekamto. (Kom-PHT/ Puslitbang/HRI)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019