Perhutani Balapulang Serahkan Dana Sharing ke LMDH Sebesar 758 Juta

 

BALAPULANG, PERHUTANI (6/2/2019) | Administratur Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Balapulang, Anang Sudarmoko menyerahkan dana sharing tebangan kayu jati sebesar 758 juta di Aula KPH Balapulang, Rabu (6/2).

Dana tersebut diserahkan kepada perwakilan ketua paguyuban Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) di kabupaten Tegal dan Brebes, Eko Agus Susilo.

Anang mengajak LMDH untuk berperan aktif menjaga kelestarian hutan bersama petugas Perhutani dan Muspika setempat.

“Dana yang diterima LMDH semoga berkembang untuk kemandirian LMDH, misalnya pengembangan usaha produktif. Bagi LMDH yang tahun ini tidak menerima sharing bisa mengajukan program kredit lunak ke KPH yang setiap tahunnya kami kucurkan yaitu PKBL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungn). Sharing adalah bagi hasil tebangan kayu 25% diserahkan LMDH yang didalam HPD (Hutan Pangkuan Desa) ada tebangan, di tahun 2019 ini adalah sharing tebangan kayu tahun 2016. LMDH bisa memanfaatkan lahan di bawah tegakan dengan menanam tanaman palawija dengan aturan Perhutani yang berlaku, yaitu menjaga tanaman pokok supaya bersimbiosis mutualisme. Petani hutan LMDH bisa panen palawija, tegakan tanaman pokok perhutani tetap terjaga”, jelasnya.

Sementara itu, Eko Agus Susilo mengapresiasi kepedulian Perhutani untuk masyarakat Desa Hutan. “Harapan kami bagi yang sudah menerima sharing tidak untuk kebutuhan konsumtif. Mari kita jaga kelestarian hutan dan aliran sungai yang ada di hutan”, tutupnya. (Kom-PHT/Blp/Jul)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019