Perhutani Banyumas Barat Bersama GCL Lestarikan Mata Air Gunung Tanggeran

BANYUMAS BARAT, PERHUTANI (11/2/2019) | Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyumas Barat beserta Gerakan Citanduy Lestari (GCL) melakukan penghijauan situs Gunung Tanggeran dan di sekitar alur sungai di petak 30 A Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Cimanggu, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Majenang, Minggu (10/2).

Administratur Banyumas Barat yang diwakili Waka Cilacap, Henhen Suhendar mengatakan penanaman bersama ini merupakan kerjasama antara Perhutani KPH Banyumas Barat bersama stakeholder dan warga sekitar hutan yang peduli akan kelestarian mata air.

“Kegiatan penanaman diikuti sekitar 100 orang terdiri dari karyawan perhutani RPH Cimanggu BKPH Majenang, anggota GCL ,Polsek Cimanggu, BKSDA kabupaten Cilacap serta masyarakat sekitar hutan. Harapannya dari kegiatan ini semakin banyak masyarakat yang sadar dan peduli akan kelestarian mata air”, jelasnya.

Ketua GCL, Agus Kusmawanto mengatakan tujuan penanaman penghijauan adalah untuk pelestarian alam ,konservasi tanah dan pelestarian mata air.

Bibit pohon yang ditanam berasal dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai ( BPDAS) Cimanuk Citanduy sebanyak 1380 bibit yang terdiri dari Suren 240 pohon, Bambu 120 pohon, Nangka 270 pohon, Jambu biji 235 pohon, Mangga 235 pohon, Maesopsis 200 pohon, Petai 50 pohon serta Durian 230 pohon. Pohon–pohon tersebut telah ditanam di Situs Gunung Tanggeran dan sekitar sumber mata air di petak 30 A RPH Cimanggu BKPH Majenang.(Kom-PHT/Byb/Eko S)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019