Perhutani Banyuwangi Utara Reboisasi Sumber Mata Air

BANYUWANGI, PERHUTANI (20/02/2019) | Perum Perhutani KPH Banyuwangi Utara bersama Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) yang berada diwilayahnya gelar penanaman bersama dengan bibit sebanyak 500 plances dengan jenis bibit Multi Purpose Tree Species (MPTS) seperti  durian, sukun, petai, alpukat yang ditanam di petak 75e Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Gombeng Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Ketapang, Selasa (19/2).

Lokasi penanaman seluas 11,30 hektar yang berada disekitar area sumber mata air yang disebut oleh masyarakat sebagai ‘Sumber Pakem’. Kegiatan penanaman tersebut diikuti oleh segenap Forum Pimpinan Kecamatan (Forpimka) Kalipuro, dan perangkat Desa Gobensari Banyuwangi.

Administratur Perhutani KPH Banyuwangi Utara  Agus Santoso dalam sambutanya mengatakan, “Dengan terpeliharanya sumber mata air ‘Sumber Pakem’ ini di harapkan dapat memberikan manfaat untuk masyarakat sekitar hutan, sehingga kelak dapat diwariskan kepada generasi penerus yaitu anak cucu kita,” ujarnya. Menurutnya salah satu upaya untuk mempertahankan kelestarian hutan dan sumber mata air tersebut adalah melakukan reboisasi secara berkelanjutan.

Dalam kesempatan yang sama Camat Kalipuro yang diwakili Sekretarisnya Yanuar menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang berkepentingan untuk menghidupkan sumber mata air diwilayahnya. “Perhutani sangat berkontribusi besar kepada masyarakat, khususnya di Desa Gombengsari dalam memperbaiki kualitas lingkungan terutama menghidupkan sumber mata air untuk pemenuhan kebutuhan air untuk kehidupan masyarakat,” ujarnya. (Kom-PHT/JY/Bwu)

Editor : Ywn

Copyright©2019