Perhutani Bersama Cabang Dinas Kehutanan Wilayah VII Jateng Tingkatkan Pengembangan PLDT Kopi

PURWOREJO, PERHUTANI (22/02/2019) | Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Selatan bersama Cabang Dinas Kehutanan Wilayah VII Propinsi Jawa Tengah melaksanakan bimbingan teknis pengembangan lahan dibawah tegakan di Banjarnegara, Selasa (19/02).

Kegiatan ini diikuti kurang lebih 30 perwakilan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) wilayah Kabupaten Banjarnegara. Selaku narasumber dalam kegiatan tersebut dari praktisi kopi, Mukidi memberikan pelatihan budidaya dan pasca panen kopi robusta. Sedangkan dari Perhutani, Ayurani Prasetiyo, Kepala Sub Seksi (KSS) Pembinaan SDH dan Lingkungan memberikan sosialisasi tentang penguatan kelembagaan LMDH.

Bimbingan teknis tersebut membahas pengembangan lahan dibawah tegakan dengan jenis kopi. Melihat bahwa kondisi topografis hutan kedu selatan cukup cocok untuk budidaya kopi, dalam hal ini Kepala Seksi P3I Ir. Joko Cahyono memyampaikan bahwa sinergitas kegiatan antara Perhutani dengan Dinas Kehutanan akan selalu dilakukan dalam rangka meningkatkan  kesejahteraan masyarakat.

Administratur KPH Kedu Selatan, Yudha Suswardhanto menyampaikan bahwa potensi pengembangan lahan dibawah tegakan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat desa hutan dalam wilayah hutan kPH Kedu Selatan sangat banyak.

“Bahwa LMDH yang bekerjasama dalam pengelolaan sumberdaya hutan agar memperkuat kelembagaan sehingga bisa berdaya secara ekonomi untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa hutan. Masyarakat juga diharapkan turut terlibat dalam menjaga keberadaan tanaman pokok Perhutani” pesan Yudha. (Kom-PHT/KDS/Ken)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019