Perhutani Bersama Pramuka Saka Wanabakti Hijaukan Bukit Cibima DTA Waduk Cisokan

BANDUNG, PERHUTANI (27/02/2019) | Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Barat dan Banten bersama dengan Pramuka dan stakehorlders lainnya melakukan penanaman bersama di Bukit Cibima petak 61 d Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Cibitung Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Gununghalu Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bandung Selatan pada Selasa (26/02).

Acara yang penanaman bersama ini dihadiri oleh Wakil Kepala Divisi Regional Jawa Barat dan Banten Bidang Kelola Sumberdaya Hutan Kristomo, Wakil Kepala Administratur KPH Bandung Selatan Didi Korsadi, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Sukaresmi Komando Rayon Militer Gunung Halu, dan unsur dari Kecamatan Rongga, jajaran personil KPH Bandung Selatan serta anggota Pramuka Saka Wanabakti.

Acara penanaman 1.000 bibit tanaman Pinus dan Rasamala yang melibatkan sekitar 60 orang peserta, ditujukan untuk mensinergikan kegiatan Perhutani dengan kegiatan Pramuka Saka Wanabakti dalam pelestarian alam, sekaligus sebagai sarana untuk pembinaan generasi muda untuk lebih mencintai alam.

Kepala Divisi Regional Jawa Barat dan Banten melalui Wakil Kepala Divisi Regional Jawa Barat dan Banten Bidang Kelola Sumber Daya Hutan Kristomo mengatakan sangat bangga akan semangat dan spirit anggota Pramuka Saka Wana Bakti untuk menghijaukan Bukit Cibima yang merupakan Daerah Tangkapan Air Waduk Cisokan bersama-sama Perhutani, Babinsa dan unsur dari Kecamatan Rongga, karena merupakan tugas dan tanggung jawab kita bersama untuk memelihara alam. Pemilihan jenis tanaman harus yang sesuai dengan daerah setempat dan memperhatikan kearifan lokal dan nantinya akan menjadi monumen amal kebaikan berupa peran serta dalam pelestarian alam.

Kristomo menambahkan saat ini kita tidak bisa menghindari dahsyatnya Teknologi Informasi, tapi kita harus tetap menjungjung tinggi dan memelihara nilai-nilai budaya diantaranya gotong royong yang merupakan bagian untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Babinsa Komando Rayon Militer Gunung Halu, Oke Sutisna menyampaikan bahwa menanam lebih baik dari menebang, untuk itu pembinaan generasi muda yang dilaksanakan oleh Perhutani agar lebih mencintai alam dan lingkungannya harus mendapat dukungan dari semua pihak, “Babinsa Komando Rayon Militer Gunung Halu selalu siap mendukung kegiatan pembinaan generasi muda dan kegiatan positif lainnya seperti penanaman pohon untuk kelestarian alam,” ujarnya.

Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Kecamatan Rongga, Rudi Sutendi menyampaikan bahwa kegiatan penanaman di titik-titik lahan yang merupakan Daerah Tangkapan Air Waduk Cisokan ini sangat penting dilakukan dimana tanah di daerah sekitarnya cukup labil dan rawan longsor, keterlibatan anak-anak Pramuka dalam menghijaukan Bukit Cibima merupakan langkah yang perlu didukung dan juga untuk pembinaan generasi muda.

Salah satu anggota Pramuka Saka Wanabakti Irma Riswati menyampaikan bahwa sangat bangga untuk bisa berperan serta untuk melestarikan hutan lingkungan serta bersama-sama belajar menanam dan merawat hutan, harapannya kedepan kegiatan serupa dapat juga dilaksanakan di daerah lainnya. (Kom-PHT/Divre Janten/AT)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019