Perhutani Dukung Program Hutan Sabilulungan Desa

BANDUNG UTARA, PERHUTANI (6/2/2019) | Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bandung Utara mendukung kegiatan program hutan Sabilulungan yang dicanangkan Bupati Kabupaten Bandung di kawasan Bandung Utara dan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum pada Senin (4/2).

Sehari sebelumnya, Bupati Kabupaten Bandung Dadang M. Naser meresmikan launching Hutan Sabilulungan Desa, di Kecamatan Cimenyan, pada Minggu (3/2). Program Hutan Sabilulungan ditujukan dalam rangka mempercepat revitalisasi lahan dengan penghijauan di wilayah Kabupaten Bandung yang dilakukan bersama dengan seluruh stakeholder, baik pemerintah, swasta maupun masyarakat.

Administratur KPH Bandung Utara Komarudin mengatakan hutan di KPH Bandung Utara lokasinya sangat strategis terhadap lingkungan kota Bandung sehingga Program Hutan Sabilulungan akan berdampak positif terhadap kelestarian hutan dan lingkungan serta serapan air, apalagi dilakukan bersama semua pihak dan ditunjang kegiatan penanaman di kawasan bukan hutan atau Areal Penggunaan Lain (APL).

Komarudin menambahkan bahwa Perhutani KPH Bandung Utara pada 2018 sudah melaksanakan penanaman seluas 211 hektar dengan 131 ribu bibit tanaman termasuk diantaranya penanaman 5.170 bibit tanaman hutan seluas 4,7 hektar. Rencananya pada 2019 akan dilakukan pengkayaan seluas 1.033 hektar hutan.

Dadang M.Naser menyatakan bahwa program hutan Sabilulungan Desa bersamaan dengan pencanangan gerakan bulan menanam pohon yang digulirkan oleh Pemerintah Kabupaten Bandung. Rencananya akan dilakukan penanaman di kawasan Gunung Tilu yang akan dilakukan oleh seluruh jajaran sebagai sarana edukasi bagi masyarakat terutama bagi petani sehingga menyadari bahwa penanaman pohon sebagai mata pencaharian harus mempedulikan kelestariannya. (Kom-PHT/Bdu/Aep)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019