Perhutani Kediri Serahkan Dana Sharing Produksi Rp 3,4 Miliar

KEDIRI, PERHUTANI (20/02/2019) | Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kediri menyerahkan dana bagi hasil (sharing) produksi kayu dan non kayu sebesar Rp 3,4 miliar kepada Perkumpulan Masyarakat Desa Hutan (PMDH) diwilayahnya, yang meliputi Kabupaten Kediri, Tulungagung dan Trenggalek yang dilaksanakan di Balai Desa Manggis Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri, Selasa (19/2).

Penyerahan sharing diberikan secara simbolis oleh Wakil Administratur KPH Kediri Herry Priatna kepada Ketua PMDH Adil Sejahtera Desa Manggis, Puncu, Kediri Sudarno yang menerima bagian paling besar dari 159 PMDH yang menerima sharing tersebut, yakni sebesar Rp 900 tuta. Penyerahan dana tersebut juga disaksikan oleh Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam)  Puncu Kabupaten Kediri serta peragkat Desa setempat.

Administratur Perhutani KPH Kediri Ratmanto Trimahono ditempat terpisah menyampaikan agar dana sharing produksi ini bisa digunakan untuk pengembangan dan penguatan PMDH. “Penggunaan dana tersebut harus transparan kepada anggota dan Pemerintahan Desa, sesuai dengan ketentuan yang sudah ada dan kesepakatan bersama”, tambahnya.

Sudarno selaku ketua PMDH Adil Sejahtera mengatakan akan terbuka dalam penggunaan dana sharing yang diterimanya, menurutnya PMDH Adil Sejahtera memiliki anggota sekitar 2.700 orang, “Uang tersebut sebagian akan digunakan untuk tambahan modal anggotanya melalui koperasi masyarakat desa hutan dan lainnya sesuai ketentuan”, ungkapnya. (Kom-PHT/Kdr/Spt)

Editor : Ywn

Copyright©2019