Perhutani Lakukan Penandatangan Kerjasama Budidaya Tanaman Tebu di Indramayu

BANDUNG, PERHUTANI (19/02/2019) | Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Indramayu melakukan kerjasama penggunaan kawasan hutan untuk budidaya tanaman tebu dengan PT. Usaha Ridha Semesta (URS) bertempat di Kantor Divisi Regional Jawa Barat dan Banten pada Selasa (19/02).

Penandatangan kerjasama dilakukan oleh Administratur KPH Indramayu, Henry Gunawan dengan pimpinan dari PT. URS Donny M dan disaksikan oleh Wakil Kepala Divisi Regional Jawa Barat dan Banten Bidang Bisnis, Karuniawan Purwanto Sanjaya beserta jajaran.

Kerjasama ini bertujuan untuk menggunakan dan memanfaatkan kawasan hutan perhutani KPH Indramayu dalam kegiatan budidaya tanaman tebu yang dikelola PT. URS guna mendukung progam ketahanan pangan yang dicanangkan oleh pemerintah. Luas areal yang akan di kerjasamakan yakni seluas 11.428 ha, yang terletak di beberapa Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) pada KPH Indramayu, diantaranya BKPH Cikawung, BKPH Haurgeulis, BKPH Plosokerep dan BKPH Sanca.

Dengan tidak mengesampingkan fungsi hutannya , kawasan yang dikerjasamakan dengan PT. URS tidak sepenuhnya ditanami dengan tanaman tebu, melainkan akan ditanami juga dengan tanaman keras kehutanan lainnya, dalam perjalanannya PT. URS juga berencana untuk menggandeng Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dan Kelompok Tani Hutan (KTH) untuk mendukung kelancaran program tersebut, diharapkan dengan adanya program kerjasama tersebut dapat memberikan dampak yang positif bagi semua pihak yang terkait.

Kepala Perhutani Divisi Regional Jawa Barat dan Banten Melalui Wakil Kepala Divisi Regional Bidang Bisnis Karuniawan Purwanto menyampaikan dukungan terhadap program budidaya tanaman tebu tersebut, namun beliau juga menegaskan bahwa kawasan hutan Perhutani merupakan kawasan aset terbuka, yang didalamnya terdapat andil garapan masyarakat dari hasil kerjasama antara Perhutani dengan LMDH dan KTH setempat, diharapkan PT. URS dapat mengakomodir kegiatan LMDH dan KTH pada kawasan hutan sehingga program yang dicanangkan dapat berjalan selaras dengan kepentingan bersama.

Pada kesempatan yang sama Administratur KPH Indramayu Henry Gunawan mengatakan bahwa pihaknya siap mendukung keberhasilan program budidaya tanaman tebu yang dikelola PT. URS, terlebih lagi program ini merupakan penjabaran program pemerintah dalam rangka ketahanan pangan dan swasembada pangan.

Pimpinan PT. URS Donny M.  juga mengharapkan dengan hadirnya PT. URS di tengah-tengah masyarakat dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar, diantaranya tersedianya lapangan pekerjaan, dan membuka kesempatan bagi masyarakat sekitar untuk turut membangun kebun-kebun tebu mandiri yang nantinya dapat menjadi faktor pendukung kebun PT. URS. (Kom-PHT/DivJanten/Man).

 

Editor: Ywn

Copyright©2019