Perhutani Madura Dukung Pembinaan Generasi Muda Lewat Pramuka

MADURA, PERHUTANI (24/02/19) | Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Madura mendukung pembinaan generasi muda melalui kegiatan Pramuka Saka Wanabakti Kwartir Cabang Pamekasan dengan memberikan pelatihan kepada anggota Saka Wanabakti Pamekasan dalam bidang kehutanan, yang bertujan untuk mengembangkan kualitas sumberdaya manusia khususnya anggota Saka Wanabakti, berlokasi di kantor KPH Madura pada Sabtu (23/2).

Dalam kegiatan tersebut sebanyak 30 orang anggota Saka Wanabakti Pamekasan mendapatkan pelatihan penggunaan alat untuk mengukur tinggi pohon (Haga Meter). Agus Susanto salah satu personil KPH Madura selaku instruktur dalam pelatihan tersebut memberikan penjelasan materi tentang keguanaan alat serta melakukan praktek penggunan alat tersebut.

Administratur Perhutani KPH Madura Hengki Herwanto melalui Pamong Saka Wanabakti Pamekasan Makbul, menyampaikan bahwa Perhutani KPH Madura sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan Pramuka Saka Wanabakti. Dia juga berpesan kepada segenap jajarannya agar membantu menyiapkan Instruktur Saka Wanabakti untuk memberikan materi pengelolaan hutan lebih lanjut, “Karena tujuan dibentuknya Saka Wanabakti ini untuk memberi wadah pendidikan di bidang kehutanan kepada anggota Gerakan Pramuka agar mereka dapat membantu membina dan mengembangkan kegiatan pelestarian sumberdaya alam dan lingkungan hidup,” jelasnya.

Dia juga menyampaikan pesan ke segenap anggota Saka Wanabakti Pamekasan, sebagai  pemuda generasi penerus bangsa, Pramuka harus memiliki karakter watak yang luhur, berahlak mulia, kerja keras dan selalu berfikir kritis, terbuka serta memiliki wawasan yang luas. “Dengan perkembangan teknologi sekarang ini, sebagai generasi milineal Pramuka harus bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman serta bisa beradaptasi  dengan ilmu dan teknologi (IT) yang terus berkembang pesat,” tutupnya.

Salah satu peserta dari mahasiswa STAIN Pamekasan, Fadli mengatakan “Pelatihan ini sangat bermanfaat, ilmu seperti ini tak akan pernah didapatkan di dalam pendidikan formal,” ucapnya. (Kom-PHT/Mdr/Nur)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019