Perhutani Mojokerto Patroli Bersama Dengan Komunitas Trail

MOJOKERTO, PERHUTANI (27/02/2019) | Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Mojokerto bersama kumunitas motor trail Desa Lawangan Agung Lamongan mengadakan patroli bersama dalam rangka antisipasi gangguan keamanan hutan di wilayah Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Mojokerto yang meliputi wilayah administratif Kabupaten Lamongan, Jombang dan Mojokerto, pada Rabu (27/2).

Berangkat dari Kantor Perhutani KPH Mojokerto, rombongan petugas Perhutani langsung menuju kantor Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Mantup untuk bergabung dengan komunitas trail. Sekitar 20 orang anggota komunitas trail dan 30 petugas Perhutani yang dipimpin langsung Administratur Perhutani KPH Mojokerto Suratno  menyusuri petak-petak di wilayah kawasan hutan BKPH Mantup dan BKPH Lawangan Agung Kabupaten Lamongan.

Sebelum kegiatan patroli dimulai, Suratno menyampaikan kegiatan patroli bersama ini akan dilakukan secara rutin satu bulan sekali dengan melibatkan pihak-pihak lain seperti komunitas trail yang sebagian besar dari mereka juga merupakan anggota Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH).

“Dengan kegiatan ini bisa menjadi ajang silaturahmi antar petugas Perhutani dengan stakeholder, dan juga untuk membangun jiwa korsa rimbawan agar menjadi team work yang dapat melakukan kerjasama tim dengan baik serta menumbuhkan kesadaran untuk saling membantu dalam kesulitan,” ucapnya.

Patroli yang menempuh jarak sekitar 50 km ini di isi dengan kegiatan penanaman di lokasi open plek petak 8d  Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Sukobendu BKPH Lawangan Agung yang merupakan tempat akhir yang disinggahi dalam kegiatan patroli bersama ini.

Ketua komunitas trail Lawangan Agung, Jono mengatakan pihaknya sangat peduli dengan kelestarian hutan di wilayahnya, “Kami siap membantu Perhutani dalam menjaga kelestarian hutan, dan siap berpartisipasi dalam kegiatan penanaman maupun kegiatan patroli hutan seperti ini”, ungkapnya. (Kom-PHT/Mjk/Umi)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019