Perhutani Pekalongan Resmikan Wisata Bengkelung

PEKALONGAN, PERHUTANI (15/2/2019) | Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pekalongan Timur meresmikan wisata rintisan Bengkelung di Pekalongan, Jum’at (15/2).

Pengembangan wisata tersebut menggandeng Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Rancang Kencono dan Kelompok Sadar Wisata Desa Sidoharjo  Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan.

Wisata Bengkelung terletak di petak 7 Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Rogoselo Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH)  Karanganyar seluas 5,00 hektar. Potensi aliran sungai berdinding batu memberi nuansa keindahan bagi para pengunjung dengan suasana sejuk karena rimbunya pepohonan. Wisata Bengkelung  berjarak  25 Km arah selatan dari kota Pekalongan.

Administratur KPH Pekalongan Timur Joko Santoso berharap dengan adanya wisata tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan.

“Kami berharap dengan diresmikanya obyek Wisata Bengkelung ini merupakan langkah awal untuk menggali potensi wisata sekitar sungai yang ada di wilayah hutan Perhutani Pekalongan Timur, serta meningkatkan kesejahteraan masyrakat sekitar desa hutan melalui kerjasama pengelolaan wisata serta dapat meningkatkan peran tanggungjawab terhadap keberlanjutan fungsi dan manfaat sumberdaya hutan,” ujar Joko.

Kepala Desa  Sidoharjo Asrori  menyampaikan terima kasih kepada Perhutani yang memberikan kesempatan untuk mengembangkan potensi kawasan hutan Perhutani melalui rintisan wisata yang ada di wilayahnya.

“Kami berterima kasih kepada Perum Perhutani atas kesempatannya untuk mengembangkan potensi kawasan hutan. Kami berharap dengan dimanfaatkannya potensi hutan Perhutani akan turut meningkatkan perekonomian warga desa,” ujarnya. (Kom-PHT/PKT/MW)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019