Perhutani Randublatung Serahkan Dana Sharing 1,4 Milyar Kepada Masyarakat

RANDUBLATUNG, PERHUTANI (12/02/2019) | Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Randublatung menyerahkan dana sharing produksi kayu kepada Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) di Desa Tanggel, Kecamatan Randublatung, Kabupaten Blora pada Selasa (12/2).

Dana sharing tersebut diserahkan oleh Wakil Administratur Wilayah Selatan, Asep Ruskandar, mewakili Administratur/ KKPH Randublatung kepada Ketua Asosiasi LMDH Wahana Makarti Wana Randublatung, Ali Muntahar.

Dana sharing yang diserahkan Perhutani kepada LMDH senilai Rp 1.454.495.935 (Satu Milyar Empat Ratus Limapuluh Empat Juta Empat Ratus Sembilan Puluh Lima Ribu Sembilan Ratus Tiga Puluh Lima Rupiah) untuk 14 LMDH Lingkup Perhutani Randublatung.

Administratur Perhutani KPH Randublatung, Achmad Basuki menyampaikan bahwa penyerahan dana sharing kayu adalah bentuk kontribusi langsung Perhutani untuk diserahkan kepada masyarakat yang diperoleh dari hasil kerjasama kegiatan Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM).

“Dana sharing yang kami serahkan hari ini adalah dari produksi tebangan kayu Tahun 2016. Semoga penjualan produksi kayu tahun 2017/2018 bisa lancar dan sharing kepada masyarakat juga segera terealisasi dimana jumlahnya lebih besar dari sharing tahun 2016. Kami berharap semoga dana sharing yang kami serahkan dapat bermanfaat utamanya sebagai salah satu upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat desa hutan. Dengan dilaksanakannya penyerahan dana sharing kayu secara langsung menjadi media untuk penguatan silaturahmi dan sinergitas antara Perhutani dengan LMDH”, ujarnya.

Selain itu, Basuki  mengharapkan agar ke depan LMDH semakin mandiri dan mampu ikut secara aktif memelihara hutan sekitarnya.

Dana sharing Produksi tersebut adalah perhitungan untuk produksi tahun 2016 yang sudah terjual, sedangkan untuk produksi tahun 2017 dan 2018 masih dalam persediaan, namun sudah ada perhitungan jumlahnya yang nantinya akan diberikan kepada LMDH setelah persediaan tersebut terjual. (Kom-PHT/Rdb/Hmt)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019