Peringati HPN, Perhutani Gandeng Stakeholders Menanam di Gunung Galunggung

TASIKMALAYA, PERHUTANI (11/2/2019) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Tasikmalaya turut serta Menyambut Hari Pers Nasional (HPN) 9 Februari bersama Perkumpulan Jurnalis Indonesia (PJI) Kabupaten Tasikmalaya mengadakan penanaman di lokasi Wana Wisata Gunung Galunggung  tepatnya di petak 31 a1 Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Cisayong KPH Tasikmalaya pada Sabtu (9/2).

Kegiatan penanaman melibatkan sekitar 200 orang peserta dari Perhutani, Komando Distrik Militer (Kodim), Pelajar & Mahasiswa, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Yuda Kencana dan para jurnalis se-Kabupaten Tasikmalaya.

Administratur Perhutani Dedi Supriadi mengatakan bahwa Kabupaten Tasikmalaya memiliki potensi yang sangat menjanjikan diantaranya tanaman kopi yang ditanam dibawah tegakan tanaman pokok kehutanan bisa menjadi daya tarik tersendiri khususnya di desa Linggarjati yang merupakan akses menuju Gunung Galunggung.

Dedi menambahkan bahwa dalam rangka mendorong semangat para penggiat lingkungan, Perhutani selalu hadir untuk berbagi peran dan tanggung jawab dalam setiap kegiatan penghijauan, diharapkan nantinya Desa Linggarjati bisa dikembangkan untuk wisata edukasi dan akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Komandan Kodim 0612 Tasikmalaya Nur Ahmad menyampaikan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan tidak bisa dilaksanakan secara instant, namun harus dibangun secara berkala terutama bagi generasi muda karena semangat melestarikan lingkungan itu harus ada dan terus bertumbuh.

Ketua LMDH Yuda Kencana Soni Subagyo menyampaikan kesadaran dan kepedulian lingkungan diharap tidak hanya terjalin dikegiatan ini saja, tetapi bisa terus berlanjut mulai dari lingkup yang paling kecil. Yuda menambahkan bahwa peran pers terhadap lingkungan dan pelestarian alam pun sangat luar biasa penting, khususnya menyampaikan informasi kepada masyarakat terhadap keadaan lingkungan saat ini.

Ketua PJI perwakilan Tasikmalaya Hendra Herdiana mengatakan bahwa peringatan HPN melibatkan mahasiswa dan pelajar untuk turut berpartisipasi, selain untuk memotivasi generasi penerus bangsa, pihaknya ingin memberikan edukasi bagi generasi muda untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan dan meningkatkan kepedulian terhadap ekosistem dan kelestarian hutan.(Kom-PHT/Tsm/AGH)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019