Promosikan Wisata Waduk Bening, Perhutani Saradan Buat Liputan Untuk Program Televisi

SARADAN, PERHUTANI (24/02/2019) | Untuk mempromosikan tempat wisata dan kuliner di Kabupaten Madiun khusunya wilayah kawasan hutan, Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Saradan membuat liputan program jelajah wisata dengan Televisi Republik Indonesia (TVRI) Jawa Timur, Sabtu (23/2).

Liputan tersebut dikemas dalam bentuk jelajah wisata Jawa Timur yang mengambil lokasi obyek wisata Waduk Bening Widas, Saradan. Waduk yang mempunyai luas 646,50 ha ini terletak pada kawasan hutan Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Petung Bagian Pemangkuan Hutan (BKPH) Petung KPH Saradan.

Waduk atau bendungan ini sebagai tempat wisata dikelola bersama antara Perhutani KPH Saradan, Perum Jasa Tirta I dan Dinas Pariwisata Kabupaten Madiun. Selain dimanfaatkan sebagai obyek wisata alam, Waduk Bening ini merupakan sebuah bendungan air yang berfungsi sebagai irigasi untuk mengairi lahan pertanian, juga berfungsi sebagai pengembangan budidaya ikan oleh masyarakat setempat.

Administratur Perhutani KPH Saradan Noor Rochman saat diwawancarai oleh TVRI, menyampaikan bahwa pihaknya akan terus mengembangkan potensi wisata Waduk Bening dengan menambah fasilitas seperti sarana bermain untuk anak-anak, penambahan gazebo, sarana Out Bond, Playing Fox, rumah pohon, tempat selfie dan yang lainnya.

“Setiap akhir pekan tempat ini ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal, sehingga keberadaan Waduk Bening sangat menguntungkan masyarakat sekitarnya, selain dapat menyerap tenaga kerja keberadaan tempat wisata ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat, ini adalah upaya dalam rangka memberdayakan masyarakat desa sekitar hutan yang tergabung dalam Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), agar ekonominya bisa meningkat lebih baik”,ujarnya.

“Banyak potensi yang bisa dikembangkan seperti event-event tahunan seperti kegiatan ritual larung sesaji yang dilaksanakan setiap bulan Suro, libur Hari Raya Idul Fitri serta libur tahun baru, bahkan dalam bulan itu mampu menyerap pengunjung dari berbagai daerah datang ketempat ini,” tambahnya.

Dari kegiatan liputan ini yang tak kalah menarik adalah adanya kuliner ikan nila bakar yang menjadi makanan favorit pengunjung Waduk Bening. Pengunjung bisa memesan hidangan tersebut yang tersedia di warung-warung sekitar waduk, dengan menggelar tikar dibawah pohon atau pada gazebo yang ada. (Kom-PHT/Srd/Swn)

Editor : Ywn

Copyright©2019