Dubes dan Pejabat Diplomatik Timur Tengah Kunjungi Pantai Serang Blitar

2019-03-06-Wisata-2019

BLITAR, PERHUTANI (06/03/2019) | Keindahan Pantai Serang yang berada dikawasan hutan dan dikelola Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Blitar menjadi salah satu tempat tujuan kunjungan para Diplomatic Outreach dari beberapa negara Timur Tengah diantaranya Afrika dan Kepulauan Fiji, Rabu (6/3).

Duta Besar (Dubes) yang hadir  yakni dari Republik Irak, Republik Mesir, Maroko, Jordan, Afrika Selatan, Republik Fiji, Republik Tunisia, Maroko dan Qatar. Para Dubes tersebut melakukan serangkaian kegiatan selama 4 hari, yakni 5-8 maret 2019 untuk melihat langsung beberapa potensi yang ada di Blitar seperti wisata, produk unggulan dan lainnya yang nantinya akan dipromosikan kenegaranya masing-masing.

Rombongan Diplomatik Outreach yang tiba di pantai Serang pukul 16.20 Wib disambut  jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Blitar, Forkopimcam  Panggungrejo dan segenap perangkat Desa setempat  dengan suguhan pertunjukan kesenian tradisional jaranan dan barong penyu. Kesenian tersebut untuk memperkenalkan budaya setempat sambil menunggu Sunset atau matahari tenggelam di pantai Serang.

Administratur Perhutani KPH Blitar Aries Indra Suparta  mengucapkan rasa terimakasihnya kepada Pemerintah Kabupaten Blitar karena Pantai Serang menjadi salah satu tujuan dari kunjungan tersebut. “Dengan adanya kunjungan ini semoga kedepan wisata pantai Serang akan semakin ramai dikunjungi wisatawan, sehingga bisa menghidupkan perekonomian di Desa Serang Kecamatan Panggungrejo”, ungkapnya.

Menurut dia pantai Serang merupakan salah satu destinasi wisata pantai dikawasan hutan yang dikerjasamakan secara tri partit antara Perhutani Pemerintah Kabupaten Blitar dan Bumdes setempat.

Dalam sambutannya Bupati Blitar Rijanto menyampaikan terima kasih kepada Kementrian Luar Negeri yang telah memberikan kesempatan kepada Pemerintah Kabupaten Blitar untuk mempromosikan langsung potensi daerah kepada para duta besar dan diplomat dari negara timur tengah. “Dengan adanya kunjungan ini diharapkan dapat menjalin kerjasama khususnya dibidang pariwisata”, ujarnya.

Menurut dia sebelum mengunjungi pantai Serang, rombongan Dubes dan Pejabat Diplomatik asing ini mengunjungi sejumlah lokasi wisata dan Industri Kecil Menengah (IKM) di Blitar seperti Kampung Coklat Desa Plosorejo,  Peternakan Sapi  PT Greenfield, Perkebunan Sirah Kencong, Makam Bung Karno, dan Kampung Jenang, jelasnya.

Sementara itu Direktur Timur Tengah Kementerian Luar Negeri, Sunarko mengatakan tujuan kunjungan ini adalah untuk mengenalkan potensi Trade,Tourism and Investment (TTI) yang dimiliki kabupaten Blitar kepada para duta besar dan diplomat dari negara Timur Tengah, Afrika dan Pasifik. “Selain Itu untuk memberikan kesempatan kepada Pemerintah serta para pelaku usaha di kabupaten Blitar untuk menyampaikan langsung potensi TTI yang dimiliki agar bisa menarik minat mitra asing ke Blitar”, Kata Sunarko. (Kom-Pht/Btr/Ry)

Editor : Ywn

Copyright©2019