Hari Bhakti Rimbawan, Perhutani Bersama CDKW VI Tasikmalaya Lakukan Penanaman Bersama

TASIKMALAYA, PERHUTANI (18/03/2019) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Tasikmalaya bersama Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat Cabang Dinas Kehutanan Wilayah  (CDKW) VI Tasikmalaya melakukan penanaman bersama dalam rangka Hari Bhakti Rimbawan ke-36. Lokasi penanaman berada di petak 34 f Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Leuwisari, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Singaparna, KPH Tasikmalaya yang secara administratif masuk Desa Mandalagiri, Kecamatan Leuwisari, Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu (16/03).

Penanaman ini dihadiri oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota/Kabupaten Tasikmalaya Badrujaman, Administratur KPH Tasikmalaya Benny Suko Triatmoko, Forrkopimcam, LMDH, Corps Brigade Rimabawan (COBRA) Cipto, dan tokoh pegiat lingkungan hidup yang ada di Tasikmalaya. Bibit yang ditanam dalam kegiatan ini merupakan jenis tanaman Multi Purpose Tree Species (MPTS) diantaranya rambutan dan durian.

Administratur KPH Tasikmalaya Benny Suko Triatmoko menjelaskan bahwa penanaman ini bertujuan agar masyarakat memiliki rasa cinta terhadap kelestarian alam dan lingkungan serta meningkatkan kemakmuran masyarakat sekitar hutan. Kerjasama ini juga menjadi amat penting dalam rangka memulihkan dan melestarikan lingkungan hidup sebagai suatu kesatuan ekosistem lingkungan untuk menjaga sumber mata air sehingga akan membawa manfaat bagi masyarakat di sekitarnya. Beni berpesan kepada para Rimbawan agar selalu menjadi pelopor dan melaksanakan nilai-nilai mulia sebagai Rimbawan.

“Mari kita bahu-membahu dalam mewujudkan pengelolaan hutan dan lingkungan hidup yang berkelanjutan dengan mengutamakan 9 nilai rimbawan yaitu jujur, tanggung jawab, visioner, disipilin, ikhlas, peduli, adil, kerjasama dan profesional,” pungkasnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Cabang Dinas Kehutanan Wilayah VI Tasikmalaya Badrujaman menyampaikan bahwa hutan sangat penting untuk kehidupan dan meminta masyarakat beserta penggiat lingkungan untuk terus menjaga hutan demi terwujudnya hutan lestari.

“Pemerintah kabupaten Tasikmalaya sangat berkomitmen dalam menjaga kelestarian hutan terutama lokasi sumber mata air. Maka kami berharap pelaksanaan program penanaman ini dapat berjalan dengan baik serta dapat meningkatkan kesejahtaraan masyarakat”, jelasnya.

Sementara itu Ketua Umum Corps Brigade Rimbawan (COBRA) Cipto yang turut serta hadir menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat dinantikan oleh semua penggiat lingkungan. Ia mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga hutan karena hutan adalah milik bersama, bukan hanya LMDH saja tetapi seluruh komponen masyarakat.

Ketua LMDH Agrowangi Galunggung Ending Lukmanul Hakim juga turut memberikan pernyataannya pada kegiatan ini,”Menjaga lingkungan itu tidak sulit dan tidak mahal, satu orang cukup menanam dua pohon satu untuk kebutuhan oksigen dirinya sendiri dan satu lagi untuk ibadah sehingga setiap orang bisa menjadi pahlawan serta solusi bagi lingkungannya.” (Kom-PHT/Tsk/AH)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019