Pehutani Bakal Buka Wisata Budaya Situs Batu Lonceng Bandung

BANDUNG UTARA, PERHUTANI (04/03/2019) | Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bandung Utara akan membuka wisata budaya situs Batu Lonceng dalam beberapa waktu kedepan. Secara geografis situs Batu Lonceng ini terletak di kawasan hutan Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Arcamanik Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan  (BKPH) Manglayang Barat KPH Bandung Utara Desa Suntenjaya Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat.

Administratur Perhutani KPH Bandung Utara Komarudin mengatakan pihaknya saat ini tengah mengkaji dan mempelajari wacana tersebut seiring adanya pengajuan dari masyarakat sekitar hutan, mengingat dalam moment tertentu situs Batu Lonceng ini sering dipadati pengunjung.

“Saat ini belum ada tiket masuk ke area tersebut. Kami masih mempelajari untuk membukanya menjadi objek wisata. Sebab ada banyak hal yang perlu diperhatikan”, katanya, Jumat (1/3).

Komarudin menerangkan situs Batu Lonceng ini  seperti situs sejarah lainnya yang ada di kawasan hutan seperti situs Batu Kuda, situs Batu Lonceng pun dijaga dan dilestarikan keberadaanya oleh masyarakat.

“Biasanya pengunjung datang dalam rangka penelitian, kegiatan spiritual dan lain sebagainya. Namun, yang jelas kami arahkan agar pengunjung tidak melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan norma agama dan norma di masyarakat jika berkunjung ke situs tersebut”, ungkapnya. (Kom-PHT/BDU/Ren)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019