Penanaman Bersama Warnai Hari Bakti Rimbawan Ke-36 di Bogor

BANDUNG, PERHUTANI (18/03/2019) | Perhutani bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), PT Inhutani I, PT Inhutani II, PT Inhutani III, PT Inhutani IV, PTInhutani V dan berbagai instansi lain melakukan penanaman bersama dalam rangka memperingati Hari Bakti Rimbawan ke-36 dan Hari Hutan Internasional ke-7 di lahan Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Balai Diklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BDLHK) Rumpin, Bogor pada Sabtu (16/3).

Acara penanaman bersama ini dihadiri oleh Sekjen KLHK Bambang Hendroyono dan seluruh Esselon I KLHK, Direktur Pengembangan Bisnis dan Pemasaran Perhutani Bambang Catur Wahyudi, Direktur Inhutani I-V, Kepala Divisi Regional Jawa Barat & Banten Oman Suherman dan Administratur KPH Bogor Jerry Purwo Nugroho. Selain itu hadir pula perwakilan dari Forkopimcam Rumpin yakni Kepala Polisi Sektor (Kapolsek) Rumpin, Komandan Komando Rayon Militer (Danramil) Rumpin dan beberapa perwakilan Kelompok Tani Hutan binaan BDLHK Rumpin.

Luas lokasi penanaman adalah 1.300 M2  dengan komposisi 80% tanaman yang ditanam merupakan tanaman buah-buahan diantaranya jenis Durian, Rambutan, Nangka, Duku dan 20% sisanya merupakan tanaman keras kehutanan sebagai tanaman tepi diantaranya Damar, Kenari, Manglid dan Mahoni. Tema yang diangkat pada perayaan Hari Bakti Rimbawan kali ini adalag “Hutan Untuk Kesejahteraan Rakyat dan Lingkungan Sehat”. Tema tersebut diharapkan dapat menyemangati rimbawan di seluruh Indonesia untuk terus berkiprah dalam bakti kepada negara dan bangsa melalui tugas-tugas di berbagai tatanan kerja dan untuk mewujudkan hutan lestari demi sejahteranya masyarakat dan lingkungan yang sehat.

Kepala Divisi Regional Jawa Barat dan Banten Oman Suherman mengatakan bahwa kegiatan penanaman bersama ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Bhakti Rimbawan ke-36 dan diharapkan akan mempererat kekeluargaan sesama Rimbawan serta mengingatkan kembali para Rimbawan untuk menanam sebagai bukti jiwa korsa Rimbawan.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Sekjen KLHK Bambang Hendroyono menyampaikan kepada seluruh rimbawan di Indonesia dari Sabang sampai Merauke untuk melakukan kegiatan yang sama yakni “Menanam” untuk menunjukkan bahwa jiwa korsa rimbawan yang dibangun bersama selama ini tertanam dengan baik dalam hati para rimbawan.  (Kom-PHT/DivreJanten/Man).

Editor : Ywn

Copyright©2019