Perhutani Balapulang Dukung Pemkab Brebes Lestarikan Adat Ngasa

BALAPULANG, PERHUTANI  (26/3/2019) | Di hutan lindung petak  81, 82 Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Ciseureuh & petak 83 Pamedaran Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Banjarharjo Timur Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Balapulang, wilayah administratif Desa Ciseureuh Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes, terdapat situs adat dengan tradisi yang masih dilestarikan yaitu Upacara Ngasa. Tradisi tersebut dimaksudkan untuk meminta keselamatan kepada Tuhan Yang  Maha Kuasa  supaya hasil pertanian berlimpah dan ternak selamat dari binatang buas.  Upacara Ngasa tahun 2019 diselenggarakan pada Selasa (26/03).

Acara tersebut turut dihadiri Wakil Bupati Brebes Narjo, Forkompimda Kabupaten Brebes dan Administratur KPH Balapulang Anang Sudarmoko. Dalam sambutannya  Anang menyampaikan,” Perhutani akan terus mendukung pelestarian budaya adat masyarakat setempat dalam rangka misi pelestarian hutan sebagai  kearifan lokal . Kami membantu dengan pengerasan jalan agar mobilitas masyarakat lebih mudah dan nyaman,” ujarnya.

Bupati Brebes Narjo mengapresiasi kepedulian Perhutani yang selama ini membantu masyarakat desa Ciseureuh berbagai program antara lain Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL), Sharing Produksi kayu dan pemanfaatan lahan dibawah tegakan (PLDT) juga program lainnya yang dikucurkan Perhutani. (Kom-Pht/Blpl/Jly)

Editor : Ywn

Copyright©2019