Perhutani Banyuwangi Barat Siapkan Generasi Muda Cinta Hutan

BANYUWANGI BARAT, PERHUTANI (18/3/2019) | Dalam rangka mempersiapkan generasi muda cinta alam yang peduli terhadap kelestarian hutan, Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyuwangi Barat menggelar kegiatan pembinaan dan pengenalan hutan kepada anggota Pramuka Saka Wanabakti dari perwakilan sekolah di Kecamatan Glenmore dan Sempu Kabupaten Banyuwangi, Minggu (17/3).

Kegiatan tersebut dipusatkan di Wana Wisata Air Terjun Kembar Legomoro Desa Margomulyo Kecamatan Glenmore yang diikuti sekitar 25 orang peserta yang merupakan siswa sekolah menengah atas (SMA) di Kabupaten Banyuwangi. Materi yang disajikan diantaranya pengelolan hutan lestari, dimana peserta diajak untuk membuat persemaian, cara menanam, pemeliharaan tanaman, pemanenan kayu dan sadapan getah pinus

Administratur Perhutani KPH Banyuwangi Barat Nanang Sugiharto melalui Kepala Sub Seksi Komunikasi Perusahaan Sunardi menyampaikan, kegiatan ini mengajak generasi muda lewat Pramuka Saka Wanabakti untuk lebih pedulian terhadap kelestarian hutan.

“Setelah mengikuti kegiatan ini diharapkan peserta dapat tambahan pengetahuan tentang keamanan dan kelestarian hutan, sehingga mereka sadar bahwa kelestarian hutan adalah tanggungjawab bersama”, ujarnya

Menurut Sunardi Perhutani KPH Banyuwangi Barat  secara berkala melakukan pembinaan terhadap Pramuka Saka Wanabakti melalui kegiatan-kegiatan positif, berdaya guna, tepat guna sesuai minat dan bakatnya. “Pembinaan ini bertujuan agar peserta didik nantinya mampu menjadi kader konservasi yang berperan aktif dalam kegiatan pengelolaan sumberdaya hutan”, pungkasnya. ( Kom-PHT/Bwb/Snd)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019