Perhutani Bersama Cabang Dinas Kehutanan Wilayah XI Provinsi Jateng Gelar Pelatihan Untuk LMDH

SURAKARTA, PERHUTANI (12/3/2019) | Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Surakarta bersama Cabang Dinas Kehutanan Wilayah XI Propinsi Jawa Tengah menyelenggarakan acara Pelatihan Peningkatan Keterampilan Kelompok Bagi Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), khususnya wilayah Wonogiri yaitu LMDH Jatimulyo, Kelurahan Giriwono wilayah kerja Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Wonogiri, di Rumah Makan Fajar Wonogiri, Selasa (12/3).

Acara tersebut dihadiri oleh Asper Wonogiri mewakili Administratur KPH Surakarta, Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah XI Propinsi Jawa Tengah, Ketua Perkumpulan Perlebahan Jawa Tengah (PPJT), LMDH Jatimulyo dan anggota lainnya.

Dalam sambutannya, Taufik menyampaikan pesan administratur KPH Surakarta bahwa potensi hutan masih banyak yang bisa dimanfaatkan bersama.

“Keberadaan LMDH dalam pengelolaan hutan sangat didukung oleh Perhutani. Potensi agro yang bisa dikembangkan di dalam hutan ada kopi, jagung, porang dan lain-lain. Untuk LMDH Jatimulyo pengelolaan hutan untuk ternak lebah madu sudah dimulai dengan penanaman pohon randu di petak 34e Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Pulosari BKPH Wonogiri”, ujarnya.

Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah XI, Mathori menambahkan bahwa pelatihan keterampilan ini akan diadakan secara berkelanjutan.

“Dengan diadakannya pelatihan keterampilan, kami berharap LMDH binaan Perhutani KPH Surakarta bisa mendapatkan ilmu untuk meningkatkan kesejahteraan”, tambahnya.

Sujimin salah satu anggota LMDH Jatimulyo mengatakan bahwa program keterampilan ini sangat berguna sekali dan menambah wawasan bagi LMDH sehingga kedepannya bisa menjadi LMDH yang maju dan mandiri.

Pelatihan diisi dengan materi dan paparan serta diskusi tentang masalah dan solusi dalam hal perlebahan dari beberapa narasumber. Sehingga tujuan diadakan acara ini bisa mewujudkan kedaulatan dan kemandirian LMDH dalam rangka meningkatkan taraf kesejahteraan, kualitas dan kehidupan yang lebih baik. (Kom-PHT/SKA/Ipk)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019