Perhutani Ciamis dan LMDH Kembangkan Agro Wisata Tanaman Durian Bawor

CIAMIS, PERHUTANI (14/03/2019) | Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Ciamis bekerjasama dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Cipta Wana Lestari membangun wisata Agro Durian Bawor dan rest area Langkob, bertempat  di petak 53c Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Parigi Bagian Kestuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Cijulang, Kamis (14/03).

Administratur KPH Ciamis Agus Mashudi menyampaikan bahwa pengembangan wisata agro dan rest area tersebut dibangun karena lokasi tersebut strategis serta memiliki potensi untuk dikembangkan dan dijadikan lokasi wisata agro durian, selain itu juga untuk memenuhi harapan masyarakat sekitar hutan akan tersedianya lokasi untuk pengembangan tanaman yang dapat menggeliatkan perekonomian masyarakat dan berfungsi juga untuk lingkungan, sehingga dipilih jenis tanaman Durian.

“Dengan permintaan tersebut Perhutani Ciamis mendorong LMDH untuk mengembangkan tanaman durian Bawor, karena selain memiliki nilai ekonomi yang tinggi dari buahnya juga bisa menghasilkan manfaat ekologi sebagai penghasil oksigen atau udara bersih”, pungkasnya.

Ketua LMDH Cipta Wana Lestari Rusdiana mengucapkan terimakasih kepada Perhutani yang telah memberikan peluang  pengembangan usaha dan membuka wawasan untuk cinta lingkungan melalui budidaya durian Bawor dan rest area, “LMDH Cipta Wana Lestari akan berupaya agar lokasi agro dan rest area ini dapat membantu perekonomian masyarakat, sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menjaga kelestarian lingkungan”, ucapnya. (Kom-PHT/Cms/Bun)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019