Perhutani Dampingi Praktek Lapangan Mahasiswa ITB di Majalengka

MAJALENGKA, PERHUTANI (12/03/2019) | Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Majalengka mendampingi mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) melaksanakan kegiatan praktek lapang di Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Majalengka, BKPH Cibenda, BKPH Ciwaringin dan BKPH Talaga.

Praktek lapang dilaksanakan selama 4 hari yakni tanggal 8-11 Maret 2019 dan diikuti oleh 60 mahasiswa Program Studi Rekayasa Kehutanan SITH ITB yang dipandu oleh petugas Perhutani KPH Majalengka dengan pemberian materi dan praktek lapangan seluruh bidang pengeloaan hutan meliputi kelola produksi, kelola sosial, dan kelola lingkungan.

Administratur Perhutani Majalengka Andi Mulya menyampaikan terima kasih dan rasa bangga atas kepercayaan ITB kepada Perhutani Majalengka sebagai tempat praktek mahasiswanya.

“Adik-adik mahasiswa bisa mengambil ilmu dari kegiatan praktek lapang yang dilaksanakan di Perhutani KPH Majalengka dan bisa memberikan masukan atas kekurangan dalam pengelolaan hutan, khususnya di Perhutani”, ungkapnya.

Ketua tim praktek lapang ITB Yoyo Suhaya didampingi dosen pembimbing Ichan Suwandi dan Anne Hadiyane menyampaikan bahwa tujuan praktek ini adalah untuk mengenalkan ilmu pengelolaan hutan kepada mahasiswa melalui praktek seluruh kegiatan kelola hutan secara lengkap di lapangan. Selain ilmu dan pengetahuan tentang kelola hutan kegiatan ini juga dimaksudkan untuk melatih mahasiswa rekayasa kehutanan tentang kondisi dunia kehutanan yang harus tahan dalam berbagai medan, cuaca, dan faktor lainnya termasuk pendidikan korsa rimbawan. Diharapkan mahasiswa mampu memperoleh gambaran tentang dunia profesi kehutanan khususnya di Perhutani serta mendokumentasikan hasil kegiatan dalam bentuk laporan tentang pengelolaan hutan di KPH Majalengka.

“Kesan mahasiwa terhadap kegiatan praktek lapang di KPH Majalengka ini sangat baik ditandai dengan antusiasme dan ketakjuban mereka terhadap dunia kerja, pemberian materi yang sangat terstruktur dari para personil Perhutani hingga kegiatan lapangan, suasana lapangan, dan keramahan petugas dan masyarakat menjadi kesan tersendiri bagi mahasiswa ITB”, imbuhnya. (Kom-PHT/Mjl/Aw)

Editor : Ywn

Copyright©2019