Perhutani Gandeng IPB Kendalikan Hama Rayap Kayu Putih

SEMARANG, PERHUTANI (01/03/2019)  | Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Semarang  lakuakn penelitian uji coba tanaman kayu putih  untuk  mengamati pertumbuhan dan ketahanannya  terhadap hama rayap, bertempat di petak 179b dan 169d Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Deras, petak 116 A RPH Kembanggading serta petak 115c RPH Gelapan Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Manggar, Jumat (01/01).

Penelitian ini dibawah bimbingan Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Dodi Nandika  didampingi  Peneliti Senior Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Sumber Daya Hutan Pehutani Cepu, Murgunadi. Kegiatan ini bertjuan untuk mendalikan hama rayap yang selama ini menyerang tanaman kayu putih.

Penelitian dilakukan dengan uji coba sampling dengan mengamati sebanyak 50 plances per petak (dari 5 larik tiap larik 10 plances) yang secara periodik diamati perkembangan, pertumbuhan dan ketahanannya terhadap hama rayap.

Menyampaikan pesan Administratur Perhutani KPH Semarang, Kepala Seksi Pengeloaan Sumber Daya Hutan KPH Semarang, Subkhan mengatakan, “Kami berterimakasih atas kerjasama dengan pihak IPB, dan kami harapkan  hasil penelitian  ini berhasil dengan baik dan bisa segera diterapkan di KPH Semarang untuk meningkatkan produksi daun minyak kayu putih,” ujarnya. (Kom-Pht/Smg/Sw)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019