Peringati Hari Bhakti Rimbawan ke-36, Rimbawan Jawa Barat Upacara Bersama

BANDUNG, PERHUTANI (18/03/2019) | Rimbawan Jawa Barat lakukan upacara peringatan Hari Bhakti Rimbawan ke-36 di lapangan Perhutani Divisi Regional Jawa Barat & Banten yang diikuti peserta dari Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, Balai Besar KSDA, BPDAS HL Cimanuk Citanduy, SMK Kehutanan Kadipaten, BDK Kadipaten, Balai Litbang Ciamis, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat, Balai TN Ciremai, Balai TN Cibodas dan karyawan Perhutani. Upacara dipimpin oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Jawa Barat, Iwa Karniwa, (18/03).

Peringatan Hari Bhakti Rimbawan tahun 2019 mengangkat tema “Hutan untuk Kesejahteraan Rakyat dan Lingkungan Sehat” melalui Gerakan Anak Bangsa Menanam Serentak “GERBANG MAS” yang merupakan kegiatan penanaman serentak di seluruh Indonesia. Penanaman bersama yang dilaksanakan Rimbawan Jabar bertempat di sekitar Masjid Al-Jabar embung Gedebage, Kelurahan Cimencrang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung. Jumlah bibit yang ditanam sebanyak 1.250 batang terdiri dari bibit tanaman kehutanan dan buah-buahan.

Kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi para rimbawan se-Indonesia untuk terus memelihara rasa memiliki dan mencintai alam. Hal ini juga sebagai sarana edukasi masyarakat bahwa pelestarian alam dan lingkungan adalah tanggung jawab bersama.

Kepala Divisi Regional Jawa Barat & Banten Oman Suherman mengatakan bahwa upacara peringatan Hari Bhakti Rimbawan ke-36 merupakan momen bagi para Rimbawan untuk bersinergi kembali dan sebagai refleksi untuk terus berkarya.

“Mari kita bina dan tingkatkan kembali jiwa korsa Rimbawan, buktikan bahwa Rimbawan adalah pejuang pembangunan lingkungan khususnya hutan,” tegasnya.

Dalam upacara tersebut dilakukan juga penyerahan bantuan hasil kegiatan bakti sosial terhadap korban banjir bendungan Jatigede di Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang dari para rimbawan yang diserahkan oleh Sekda Jawa Barat Iwa Karniwa dan diterima oleh perwakilan masyarakat, Pepen. Selain itu dilakukan pembagian hadiah pertandingan olahraga dalam rangka Hari Bhakti Rimbawan sebagai penutup dari rangkaian acara. (Kom-PHT/DivreJanten/Man)

Editor : Ywn

Copyright©2019