Peringati Hari Rimbawan, Perhutani Blitar Lakukan Penaman Pohon

BLITAR, PERHUTANI (19/03/2019) | Sebanyak 150 karyawan Perhutani Blitar dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Hutan Wilayah V Malang memperingati Hari Bakti Rimbawan ke 36 tahun 2019 yang dipusatkan di Gunung Sono, Desa Kembangarum, Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar dengan melakukan penanaman pohon sebanyak 1.500 plances, Minggu (17/3).

Jenis pohon yang ditanam terdiri dari johar, trembesi dan sirsak yang ditanam di Kawasan Perlindungan  Setempat (KPS) wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Sekaran, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Lodoyo Barat Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Blitar.

Administratur Perhutani KPH Blitar Aries Indra Supartha dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan Hari Bakti Rimbawan ini diperingati secara rutin setiap tahun, pada tahun ini mengangkat tema ‘Hutan untuk Kesejaheteraan Rakyat dan Lingkungan Sehat’, sesuai dengan semangat rimbawan untuk terus membangun kawasan hutan tetap lestari.

“Selain untuk menjalin tali silaturahmi antar rimbawan, kegiatan seperti ini bertujuan untuk terus membangun kawasan hutan agar terjaga keseimbangan lingkungan dan hutan tetap lestari, tentu dalam hal ini dilakukan bersama dengan masyarakat disekitar kawasan hutan melalui kegiatan Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM),” ungkapnya.

Sementara itu Kepala UPT Pengelolaan Hutan V Malang Sapto Yuwono mengatakan, rimbawan harus bisa memberi manfaat kepada masyarakat untuk peningkatan kesejahteraannya, sesuai dengan tema peringatan hari rimbawan tahun ini.

“Menjaga kelestarian hutan dan lingkungan hidup sama halnya menjaga bangsa ini, maka kerjasama antar lembaga dengan masyarakat harus dilakukan dengan baik, jangan sampai karena kurang kesadaran dari masyarakat akhirnya merusak sumberdaya yang ada”, pungkasnya. (Kom-PHT/Btr/Ry)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019