Peringati HPSN, Perhutani Jatirogo dan Pramuka Saka Wanabakti Bersihkan Pantai Sowan

JATIROGO, PERHUTANI (04/03/2019) | Memperingati hari Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019 yang diperingati setiap tanggal 21 Pebruari, Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Jatirogo bersama anggota Pramuka Saka Wanabakti mengadakan kegiatan bakti sosial pembersihan sampah disepanjang pantai wisata sowan Tuban pada Minggu (03/03).

Kegiatan tersebut diikuti sekitar 40 orang anggota Pramuka Saka Wanabakti pangkalan KPH Jatirogo dan pangkalan KPH Tuban. Dalam kesempatan itu Administratur Perhutani KPH Jatirogo Panca Sihite menyampaikan rasa terima kasihnya kepada generasi muda yang tergabung dalam Gerakan Pramuka yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan.

Menurut Panca, Gerakan Pramuka dari berbagai negara juga mengembangkan program Pramuka peduli lingkungan hidup. “Upaya ini untuk mendorong partisipasi dan kontribusi anggota Pramuka di seluruh dunia untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup,” katanya.

“Kegiatan pembersihan sampah ini agar dapat menjadi media pembelajaran kepada generasi muda untuk menanamkan rasa cinta dan memiliki terhadap lingkungan yang sehat, sehingga bisa dimanfaatkan secara berkelanjutan”, terang Panca.

Sementara itu Pamong Saka Wanabakti Jatirogo yang berpangkalan di Perhutani KPH Jatirogo Ahmad Syaifudin, menyampaikan, sampah bisa menjadi mesin pembunuh bagi kehidupan, sehingga Saka Wanabakti sebagai wadah generasi muda yang terintegrasi dari berbagai kalangan generasi muda diharapkan dapat menjadi penerus bangsa yang peduli terhadap sampah, khususnya dari bahan plastik yang ada lingkungan sekitarnya. (Kom-PHT/Jtr/Smn)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019