Perkuat Sinergitas, Perhutani Silaturahmi dengan Gubernur Banten

BANTEN, PERHUTANI (05/03/2019) | Dalam rangka memperkuat sinergitas antara Perhutani dengan Pemerintah Provinsi  (Pemprov) Banten, Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banten melakukan koordinasi sekaligus silaturahmi ke Kantor Pemprov Banten  bertempat di Pendopo Gubernur Banten pada Selasa (5/3).

Administratur Perhutani KPH Banten Isnin Soiban bersilaturahmi kepada Gubernur Banten Wahidin Halim yang didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten Agus M. Tauhid dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Banten Husni Hasan.

Pada kesempatannya Isnin menjelaskan kepada Gubernur Banten terkait Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM) dan Perhutanan Sosial (PS). Di KPH Banten sendiri telah terbentuk 204 Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dari 214 desa sekitar hutan, yang tersebar di Kabupaten Pandeglang sebnayalk 69 LMDH, Kabupaten Serang 33 LMDH, Kabupaten Lebak 88 LMDH dan Kabupeten Tanggerang 14 LMDH.

Dengan adanya LMDH ini dimaksudkan untuk memberikan arah pengelolaan sumber daya hutan yang memadukan aspek ekonomi, ekologi dan sosial secara proporsional guna mencapai visi dan misi perusahaan dengan meningkatkan tanggung jawab dan peran perusahaan.

Gubernur Banten Wahidin Halim memberikan arahan bahwa setiap pengelolaan hutan harus dapat memberikan manfaat langsung kepada masyarakat, melibatkan masyarakat dan memberikan dampak positif bagi keduanya. “Pemprov Banten akan mendukung penuh program yang dilaksanakan oleh Perhutani maupun isntansi terkait lainnya guna mensejahterakan masyarakat dan pastinya hutan harus tetap lestari”, ujar Halim.

Gubernur berharap bahwa pengelolaan hutan dapat dijalankan melalui kerjasama dengan mitra investor untuk meningkatkan manfaaat hutan, Gubernur juga mengapresiasi potensi besar sumber daya hutan di Perhutani KPH Banten yang harus dikembangkan, misalnya melalui pengembangan tanaman kopi.  (Kom-PHT/Btn/Luq)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019