Puslitbang Perhutani dan BB Padi Teliti Padi Toleran di Bawah Tegakan Jati

CEPU, PERHUTANI (28/02/2019) |  Puslitbang  Perhutani dan Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BB Padi) melakukan panen padi gogo bersama dalam rangka meneliti  padi gogo yang toleran kekeringan dan naungan di bawah tegakan Jati, Kamis (28/2).

Penelitian dilakukan  dengan menanam berbagai jenis varietas padi di Kebun Benih Klonal (KBK) Jati Padangan, Bojonegoro .

Koordinator Peneliti Jati Puslitbang Perhutani, Aulia Hasanusi hadir dalam kegiatan tersebut untuk menyampaikan pesan Kepala Puslitbang Perhutani  bahwa ini merupakan sinergi Puslitbang Perhutani dan BB Padi.

“Kami mengundang para petani  untuk menyaksikan secara langsung, lahan hutan yang selama ini tidak bisa ditanami karena tertutup daun-daun atau naungan ternyata masih bisa tumbuh jenis padi Inpago. Kita sekalian  bisa melihat  hasil  panen dari hasil uji coba padi gogo, sinergi Pusltibang Perhutani dan BB Padi yang telah menyediakan benihnya , ” ujar Aulia.

Peneliti BB Padi Wage Ratna Rohaeni menyatakan bahwa BB Padi melakukan sinergi penelitian dengan Perhutani karena Perhutani mempunyai banyak lahan, mempunyai visi menyejahterakan masyarakat sekitar tegakan Jati, dan sama-sama menyandang sebagai Pusat Unggulan Iptek.

“ Hasil  panen  ini untuk  mengetahui varietas yang paling cocok ditanam di bawah tegakan  Jati yang selanjutnya dapat disosialisasikan ke lain daerah yang kondisinya serupa”, ujar Wage . (Kom-PHT/Puslitbang/Hrt)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019