Saka Wanabhakti Perhutani KPH Surakarta Bersama DLHK Propinsi Jateng Gelar Bersih Kota

SURAKARTA, PERHUTANI (03/03/2019) | Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Saka Wanabhakti Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Surakarta bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Propinsi Jawa Tengah, Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Surakarta, Dinas Pertanian (Dispertan) Kota Surakarta dan beberapa perwakilan “Bersih Kota” dari sekolahan wilayah kota Surakarta mengadakan  di sepanjang jalan Slamet Riyadi Surakarta, Minggu (3/3).

Selain kegiatan bersih kota, ada juga pemberian bibit tanaman dan buah sejumlah 1.610 plances bantuan dari Dinas Pertanian Kota Surakarta. Pemberian bibit dalam kegiatan ini tidak gratis tetapi harus ditukar dengan sampah 1 kantong plastik sampah. Sehingga banyak warga dan pejalan kaki yang ikut mengumpulkan sampah yang ada di sepanjang jalan Slamet Riyadi.

Administratur KPH Surakarta, Eka M Ruskanda mengatakan bahwa sangat mendukung kegiatan pengurangan sampah khususnya plastik.

“Kedepannya kami akan menerapkan hal tersebut di lingkup kantor Perhutani KPH Surakarta dengan bekerjasama dengan bank sampah yang dikelola oleh DLHK Kota Surakarta dalam mengelola dan mendaur ulang sampah”, ujarnya.

Sri Wardhani selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan menambahkan bahwa kegiatan ini sengaja digelar saat Car Free Day (CFD) agar masyarakat peduli terhadap lingkungan sekitar.

“Sampah yang dapat ditukar dengan bibit tanaman adalah sampah plastik dan kertas. Ini merupakan salah satu bentuk edukasi masyarakat agar jeli dalam memilah sampah dan mulai mengurangi pemakaian plastik mengingat materialnya lama terurai secara alami”, jelasnya. (Kom-PHT/SKA/Ipk)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019