Anggota Saka Wanabakti Ikuti Diksar Brigtara di Perhutani Kediri

KEDIRI, PERHUTANI (21/04/2019)  | Sebanyak 60 orang Pramuka Saka Wanabakti mengikuti Pendidikan Dasar (Diksar) ‘Brigade Taruna Rimba’ (Brigtara) bertempat di lokasi Bumi Perkemahan wisata air terjun Irenggolo Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Pimpinan Saka Wanabakti Daerah Jawa Timur, Rabu (17/4).

Acara pelatihan dasar ini dibuka oleh Administratur Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kediri,  Mustopo didampingi oleh Pimpinan Saka Wanabakti Tingkat Daerah Jawa Timur, Iwan dan dihadiri oleh Komandan Brigtara Jawa Timur, Tatun Wiyanto di aula kantor KPH Kediri.

Dalam sambutannya Mustopo menyampaikan rasa terimakasih serta apresiasi yang sangat tinggi kepada Pimpinan Saka Wanabakti Daerah Jawa Timur yang telah memilih KPH Kediri sebagai tuan rumah penyelenggaraan Diksar Brigtara se-Jawa Timur.

“Dengan adanya acara ini harapannya kedepan lokasi wisata Air Terjun Irenggolo yang berada di Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Sambiroto, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Kediri, semakin banyak dikenal masyarakat luas”, imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama pimpinan Saka Wanabakti tingkat Daerah Jawa Timur Iwan, diwakili oleh Komandan Brigtara Jawa Timur Tatu Wiyanto menyampaikan bahwa Brigade Taruna Rimba dibentuk dan diuji coba di Banyuwang Pada tanggal 7 Juli 2013.

“Satuan Brigade Taruna Rimba ini merupakan satuan tugas yang dibentuk secara khusus untuk anggota saka wanabakti yang diberikan pelatihan secara intensif di bidang pengamanan hutan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan, agar saat terjadi gangguan keamanan dan bencana kehutanan lainnya anggota saka wanabakti siap untuk dilibatkan sebagai tenaga bantuan”, terangnya.

Pendidikan ini diselenggarakan selama 5 hari berturut-turut mulai tanggal 17 hingga 21 April 2019 yang diisi dengan berbagai kegiatan dan materi diantaranya praktik Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dan Materi Perlindungan Hutan oleh Perhutani KPH Kediri.

Selama masa pelatihan para peserta sangat antusias dalam mengikuti berbagai kegiatan dan materi yang diberikan oleh para narasumber,  terahkir sebelum acara penutupan para peserta diajak langsung untuk melihat keindahan Air terjun Irenggolo. (Kom-PHT/Kdr/Spt)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019